Makanan Khas Kalimantan Utara, Rasanya Enak dan Unik - nasi subut/instagram.com @swissbelhoteljambi
Kuliner

7 Makanan Khas Kalimantan Utara yang Terkenal Enak dan Unik

Nuraini
Jumat, 19 Mei 2023 - 16:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dilengkapi dengan keragaman di berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya keragaman makanan khas tiap daerah. Setiap makanan daerah di Indonesia memiliki keunikannya tersendiri. Kali ini kita akan bahas makanan khas Kalimantan Utara, beberapa di antaranya memiliki bahan dasar dan kombinasi yang unik yaitu umbut kelapa hingga kombinasi jagung dengan ubi jalar.

Daftar Makanan Khas Kalimantan Utara

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Kalimantan Utara, berikut rekomendasi makanan khas Kalimantan Utara yang rasanya enak:

1. Gulai Umbut Kelapa

Makanan khas Kalimantan Utara yang pertama memiliki bahan dasar umbut kelapa. Umbut kelapa sendiri merupakan bagian ujung pohon kelapa yang akan tumbuh. 

Gulai umbut kelapa dipotong tipis kecil lalu direbus hingga empuk dan tidak menghitam. Setelahnya, umbut kelapa dimasak dengan santan dan bumbu kuning serta tambahan bumbu berupa daun bekai, daun yang dimanfaatkan sebagai penyedap alami yang tumbuh di kawasan hutan dan pekarangan warga Kalimantan Utara.

2. Tumis Kapah

Tumis kapah merupakan sajian khas dari kota Tarakan, Kalimantan Utara. Makanan ini terbuat dari kerang kepah yang ditumis menggunakan berbagai bumbu berupa bawang merah, bawang putih, dan juga jeruk nipis. Makanan ini tergolong sehat, karena mengandung protein cukup tinggi yang berasal dari kerang kapah.

3. Tudai

Tudai juga termasuk makanan khas Kalimantan Utara yang menggunakan bahan dasar kerang. Jenis kerang yang digunakan yaitu kerang tudai yang sering ditemukan di daerah Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Kerang ini memiliki ciri khas cangkang yang berwarna putih susu. Penyajian tudai dengan cara merebus kerang tudai atau diolah menjadi sambal goreng tudai.

4. Kepiting Soka

Makanan ini termasuk ke dalam makanan khas daerah Tanjung Selor atau Tarakan. Kepiting soka merupakan kepiting yang biasa hidup di daerah bakau. Kepiting ini ditangkap ketika memasuki fase pergantian capit. 

Pasalnya, tubuh kepiting belum mengeras seperti cangkang ketika masih dalam fase tersebut. Hewan tersebut dimasak dengan bumbu asam manis atau juga dapat digoreng dengan bumbu krispi ala ayam krispi.

5. Lawa

Tidak seperti dalam bahasa Jawa, lawa di sini bukan kelelawar. Melainkan makanan khas Kalimantan Utara yang berbahan dasar timun dan rumput laut. Lawa biasanya disajikan dengan tambahan kelapa sangrai dan beberapa jenis udang seperti udang raja dan udang galah.

6. Nasi Subut

Warna nasi dari makanan ini begitu unik dan mencolok. Masakan nasi berwarna ungu ini berasal dari daerah Tana Tidung, Kalimantan Utara. Selain nasi, bahan utama nasi subut berupa ubi jalar, dan jagung. Berdasarkan bahan-bahan yang disebutkan tadi, pasti Anda sudah mengetahui dari mana asal warna ungu makanan khas Kalimantan Utara kali ini.

7. Dodol dan Kue Lapis Cempedak

Kedua kue ini memiliki bahan utama berupa buah cempedak. Dodol cempedak adalah buah cempedak yang diolah menjadi dodol dengan berbagai bahan tambahan seperti dodol pada umumnya. Dodol cempedak cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Kalimantan Utara. 

Sementara itu, kue lapis cempedak merupakan kue yang terdiri dari dua lapisan. Untuk lapisan dasar atau bawah, terdiri dari campuran adonan cempedak dan tepung. Lapisan atas terdiri dari campuran adonan tepung beras, santan, dan gula bagai bubur sumsum dengan kondisi yang lebih padat. 

Kedua makanan tersebut memiliki rasa manis yang berasal dari buah cempedak sehingga cocok untuk dijadikan cemilan bersama teh dan kopi.

Itulah daftar makanan khas Kalimantan Utara yang terkenal dengan cita rasa lezat yang wajib dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro