9 Makanan Korea yang Populer dan Rasanya Enak/Freepik
Kuliner

9 Makanan Korea yang Populer dan Rasanya Enak

Nuraini
Minggu, 21 Mei 2023 - 12:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan Korea kian populer dengan mewabahnya demam drama Korea dan K-Pop. Makanan tradisional sampai jajanan sederhana negara ginseng ini laris dijual di penjuru dunia.

Bahkan, Anda kini bisa dengan mudah menemukan kemasan makanan dari Korea di supermarket. 

Makanan Khas Korea Selatan Bisa Ditemukan Di Jalanan

Korea terbagi menjadi dua, Selatan dan Utara. Makanan yang dibahas ini adalah hidangan yang berasal dari Korea Selatan. Anda bisa menemukan makanan merakyat di jalan-jalan. Berikut beberapa kuliner dari negeri Korea yang sederhana tapi lezat sebagai makanan street food. 

1. Jajangmyeon

Makanan ini adalah mie versi Korea. Makanan korea ini bisa dipesan dari restoran dan meminta makanan ini dikirim ke rumah. Rasanya gurih dengan tampilan hitam berkat saos kedelai yang diberikan potongan daging. Jajangmyeon termasuk makanan praktis dan mengenyangkan. 

2. Kimbab

Korea juga punya makanan olahan nasi yang digulung dengan rumput laut. Makanan tersebut bernama kimbab.  

Kimbab isiannya beragam, mulai dari sayur, gading sampai seafood. Anda bahkan bisa mencoba buat makanan ini sendiri dirumah dan kreasikan sesuai keinginan. 

3. Bibimbap

Dalam bahasa Korea, bibimbap artinya nasi campur. Isiannya adalah paduan antara lauk dan sayuran. Makanan khas korea ini tidak ada aturan tetap mengenai isiannya. Anda bisa mengkombinasikan berbagai isian untuk hidangan populer ini. Kalau dalam bentuk street food, Anda bisa pendapatnya dalam bentuk cup yang praktis. 

4. Japchae

Biasanya orang memesan Japchae dengan Jajamyung. Karena sama-sama memakai campuran sayuran dan mie. Hanya saja, Japchae memakai bihun dengan porsi sayuran yang lebih banyak. Kalau di Indonesia, hidangan ini mirip dengan capcay yang merupakan hidangan sayur yang kering. 

5. Bulgogi

Bulgogi adalah nama makanan korea yang mendunia. Hidangan sapi ala Korea ini memakai bumbu khas yang memberikan cita rasa yang unik. Bulgogi biasanya disajikan dengan nasi putih. Walaupun demikian, bisa juga Anda makan Bulgogi dalam bentuk kimbab yang praktis. 

6. Ramyeon

Ini adalah makanan Korea terenak dan sederhana. Mie instan yang ada dalam kemasan ini bisa dimasak sendiri. Tapi, banyak warung atau truck food yang menjual varian ramyeon dengan campuran seperti sosis atau keju. Tekstur mie lebih kenyal disajikan dengan kaldu kental dan pasti mienya pedas. 

7. Tteokbokki

Anda tentu familiar dengan makanan khas korea yang satu ini. Penyajian tteok atau kue beras dicampur dengan kaldu pedas. Makanan ini tak hanya populer di Korea, tapi juga di negara-negara lain. Rasanya pedas dan nikmat. Anda bisa merasakan cita rasa otentik Korea saat mencoba tteokbokki. 

8. Odeng

Biasanya penjual tteokbokki juga menjual odeng. Makanan khas korea ini  dibuat dari kulit ikan yang dicampur dengan tepung. Bentuknya panjang dan lebar. Penyajiannya ditusuk dengan tusuk sate dan diberi kuah bening yang rasanya gurih. Rasanya enak dan menyegarkan, sangat cocok dinikmati di malam hari atau saat cuaca dingin.

9. Tokkebi Hot Dog

Korea banyak mengambil inspirasi dari makanan luar. Salah satunya adalah makanan korea ringan yang merupakan campuran kentang dan sosis. Bahannya ditusuk dengan tusuk sate dan kemudian digoreng. Tokkebi bisa dipesan dalam bentuk kentang original, kentang sosis, dan kentang keju. 

Makanan Korea sudah mendunia. Mungkin Anda tidak akan sulit menemukan restoran Korea atau street food yang terinspirasi dari Kuliner negeri ginseng ini. Cobalah beberapa opsi yang dibahas diatas. Anda akan mengalami pengalaman lebih luas tentang makanan dari negara dengan empat musim ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro