Cara mengatasi ketombe/US Dematology
Health

Punya Ketombe Basah? Ini Cara Mengatasinya

Salma Permata Dewi
Selasa, 23 Mei 2023 - 14:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketombe merupakan salah satu masalah rambut dan kepala yang paling sering ditemui. Ketombe memiliki banyak jenis, salah satunya adalah ketombe basah.

Ketombe merupakan masalah yang membuat kulit kepala kita terasa gatal dan kotor. Ketombe ini didapatkan dari kulit mati, minyak berlebih, atau kotoran yang ada di kulit kepala. Biasanya, ketombe yang kering akan berjatuhan ke bahu ketika kita menggaruknya, tetapi jarang dengan ketombe basah. 

Dilansir dari Verywell Health, Selasa (23/5/2023) ketombe basah merupakan ketombe yang menjadi basah atau berminyak karena produksi sebum yang berlebihan di kulit kepala. Ketombe basah terbentuk dari penumpukkan minyak yang bercampur kotoran atau sel kulit mati. Ukuran ketombe basah jauh lebih besar dari ketombe kering dan bisa menjadi lengket.

Ketombe basah yang memiliki karakteristik besar dan lengket membuatnya menggumpal dan menempel di rambut atau kulit kepala. Jika menggaruk kulit kepala untuk melepaskan ketombe basah, itu akan sulit, terasa basah, dan dapat menyebabkan luka pada kulit kepala. Ketombe jenis ini biasanya dialami oleh orang dengan kulit kepala berminyak. 

Penyebab utama dari ketombe basah adalah kebiasaan tidak mencuci rambut dengan benar atau tidak teratur. Padahal, keramas dengan benar dapat mengatasi kelebihan minyak atau sebum di kulit kepala yang menyebabkan ketombe basah. Ketombe basah merupakan ciri khas dari dermatitis seboroik yang menyebabkan bercak bersisik dan kulit merah pada area tubuh yang berminyak.

Efek dermatitis seboroik pada rambut biasanya sedikit, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kerontokan rambut dapat terjadi karena kondisi ini. Psoriasis juga dapat menyebabkan ketombe basah. Gangguan kulit autoimun ini didorong oleh ketidakmampuan sistem kekebalan untuk membedakan antara sel sehat dan patogen.

Rambut tidak selalu dipengaruhi oleh psoriasis, tetapi dapat menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa orang dengan kondisi tersebut. Adapun kondisi kulit lain yang dapat menyebabkan ketombe basah, yakni dermatitis atopik dan tinea capitis.

Ini cara menghilangkan ketombe basah:

1. Gunakan shampo yang cocok

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jenis sampo yang tepat dapat membantu mengatasi kondisi kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe basah. Jika sampo yang digunakan dirasa memperparah kondisi kulit kepala, segera ganti dengan sampo lainnya.


2. Keramas teratur bahkan lebih sering

Cuci rambut lebih sering terutama jika Anda memiliki kulit kepala yang sangat berminyak. Keramas membantu mencegah minyak menumpuk di kulit kepala yang menyebabkan ketombe basah.

keramas bisa mengatasi ketombe basah
keramas bisa mengatasi ketombe basah

3. Istirahat 

Jika mengalami ketombe basah karena kondisi kulit, hentikan penggunaan produk penataan rambut. Bahan kimia yang digunakan dalam banyak produk penataan rambut bersifat keras pada kulit kepala. Produk-produk tersebut dapat mempersulit pengobatan karena bahan kimia keras tersebut dapat memperburuk kondisi kulit kepala dengan menyebabkan iritasi atau dermatitis kontak.

4. Diet

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan berpengaruh dalam penyakit kulit. Jika ketombe basah disebabkan oleh dermatitis seboroik atau psoriasis, makan makanan sehat dapat membantu menghilangkan ketombe basah yang disebabkan oleh kondisi ini. Batasi hingga hindari makanan olahan berat, lalu makan makanan utuh seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak.


5. Scrub kulit kepala

Meskipun tidak ada bukti klinis yang mendukung penggunaan scrub kulit kepala untuk ketombe basah, pengelupasan kulit kepala menjadi salah satu pilihan.

Scrubbing dapat mengurangi penumpukan minyak berlebih dan membuang sel kulit mati berlebih di kulit kepala. Karena produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala berkaitan dengan kulit kepala yang sensitif, penggunaan jenis scrub yang paling lembut adalah pilihan terbaik. Anda bisa memilih scrub yang mengandung garam laut, seng, atau bubuk biji sawit.

6. Gunakan bahan-bahan alami

Bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah bisa digunakan untuk perawatan ketombe basah. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan dilansir dari stylecraze:


- Lidah buaya

Bahan alami ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, penumpukkan minyak, dan timbunan lemak yang menyumbat folikel rambut. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung enzim pembersih seperti oksidase, amilase, dan katalase serta vitamin B, C, dan E. Lidah buaya juga mengandung glikoprotein yang mengurangi peradangan dan meredakan gatal.


- Cuka sari apel

Sifat asam cuka sari apel mengubah pH kulit kepala sehingga jamur penyebab ketombe sulit tumbuh.


- Jus Lemon dan Jus Amla

Jus lemon dan jus amla bekerja secara sinkron untuk menghilangkan ketombe basah dan minyak yang menumpuk di kulit kepal. Kandungan asam sitrat dari jus lemon bertindak sebagai agen antimikroba dan membantu menghilangkan jamur penyebab ketombe basah.


-  Soda kue

Soda kue bisa bekerja dengan baik dalam mengobati ketombe basah. Sebuah penelitian yang dilakukan di Perancis menemukan bahwa baking soda atau soda kue dapat membunuh jamur penyebab ketombe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro