Benteng Belgica di Banda Neira
Travel

Ini Destinasi Wisata di Banda Neira yang Wajib Anda Kunjungi

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 31 Mei 2023 - 22:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banda Neira merupakan salah satu pulau di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Hari ini, Banda Neira menjadi perbincangan di Twitter karena beberapa pengguna yang mengunggah potret keindahan alamnya.

Bahkan kalimat “Jangan mati sebelum ke Banda Naira” yang diucapkan oleh Sutan Syahrir  ketika diasingkan di Banda Neira kembali ramai diperbincangkan.

Dilansir dari kemlu.go.id, Pulau Banda Neira yang dikenal dengan pesona alamnya yang indah dijuluki “Sepotong Surga dari Timur”. Bagi Anda yang merupakan penikmat senja, Banda Neira dapat Anda menjadi salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi di waktu libur panjang. 

Adapun tempat atau destinasi wisata di Banda Neira yang dapat Anda nikmati keindahan alamnya sambil mempelajari sejarah yang memiliki nilai tinggi, sebagai berikut:

1. Benteng Belgica

Dilansir dari dispar.malukuprov.go.id, Benteng Belgica merupakan sebuah benteng peninggalan Portugis yang kemudian direbut dan dibangun kembali oleh Belanda. Sejarah berdirinya menjadi salah satu alasan tempat ini dapat menjadi destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi. 

2. Pulau Pisang atau Pulau Syahrir

Pulau ini disebut Pulau Syahrir karena dahulu Sutan Syahrir yang merupakan  Perdana Menteri pertama Indonesia sering berkunjung ke pulau ini dalam masa pengasingan.

pulau pisang
pulau pisang

3. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Tempat wisata di Banda Neira selanjutnya adalah sebuah rumah pengasingan Bung Hatta  yang mana pada masa penjajahan Belanda, bung Hatta bersama dengan Sutan Syahrir memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1936 sampai dengan 1942. 

rumah pepngasingan bung hatta
rumah pepngasingan bung hatta

4. Benteng Nassau

Benteng Nassau merupakan benteng Belanda pertama yang dibangun di Pulau Neira, Kepulauan Banda, Maluku. Tujuan didirikannya benteng ini untuk mengontrol perdagangan pala yang saat itu waktu itu hanya tumbuh di Kepulauan Banda.

benteng nassau
benteng nassau

5. Pulau Hatta 

Pulau ini awalnya bernama Pulau Rozengain. Namun, ketika salah satu proklamator Indonesia,  Mohammad Hatta diasingkan, pulau ini pun berganti nama menjadi Pulau Hatta. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi Anda yang suka melakukan aktivitas di perairan. 

6. Gunung Api Banda

Dilansir dari dispar.malukuprov.go.id, Gunung Api Banda adalah sebuah gunung berapi, sekaligus sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Banda. Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai flora dan fauna yang cantik. 

gunung berapi banda
gunung berapi banda

7. Istana Mini Banda Neira

Melansir  kemdikbud.go.id, destinasi selanjutnya yang menarik untuk Anda kunjungi adalah Kompleks Istana Mini. Tempat ini merupakan bekas kantor pemerintahan VOC di Banda Neira yang juga ditempati oleh seorang Gubernur VOC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro