Rangkaian LRT Jabodebek. ANTARA/HO-Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub.
Travel

LRT Jabodebek Uji Coba Hari Ini, Bukan yang Pertama di Indonesia

Mutiara Nabila
Rabu, 12 Juli 2023 - 13:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Warga Jabodebek bisa mencoba menggunakan LRT Jabodebek mulai hari ini, Rabu (12/7/2023). Tapi, tahukah ini bukan LRT pertama yang ada di Indonesia?

Mengutip akun media sosial LRTJKT, selain LRT Jakarta, faktanya ada dua LRT lainnya di Indonesia. Pertama ada LRT Sumatra Selatan yang sudah lebih dulu beroperasi pada tahun 2018 di kota Palembang.

LRT di Palembang sebelumnya diluncurkan untuk mendukung kegiatan Asian Games. LRT Palembang memiliki rute lintasan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga ke Stasiun DJKA.

Dalam rutenya, terdapat 13 stasiun pemberhentian dengan panjang lintasan 23,4 km. LRT Palembang juga memiliki kapasitas sampai dengan 434 orang per train set dengan kereta produksi PT KAI.

Kedua, ada LRT Jakarta yang sudah beroperasi sejak 2019. LRT ini hanya memiliki jarak tempuh pendek dengan panjang lintasan hanya 5,8 km dan 6 stasiun pemberhentian.

LRT Jakarta memiliki kapasitas 270 penumpang per train set, dan gerbong keretanya diproduksi oleh Hyundai Rotem.

Sekarang, ada LRT Jabodebek yang akan resmi uji coba hari ini, Rabu (12/7/2023) yang memiliki tiga rute lintasan yakni Cawang-Bekasi, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Cibubur.

LRT Jabodebek memiliki panjang lintasan 44,3 km dengan 18 stasiun pemberhentian. LRT ini juga memiliki kapasitas paling banyak sampai 1.308 penumpang per train set. Adapun, kereta ini juga diproduksi oleh INKA.

Rangkaian kegiatan uji coba LRT dimulai dari tahap pertama pada 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas. 

Selanjutnya, tahap kedua, mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek. 

LRT Jabodebek merupakan karya anak bangsa dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang lebih dari 60 persen, termasuk kereta apinya yang dibuat oleh PT INKA. Ditargetkan, LRT Jabodebek sudah beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro