Jahe/Istimewa
Health

5 Makanan yang Bisa Meredakan Sinusitis dan Hidung Tersumbat

Maretha Uli
Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sinusitis atau infeksi sinus adalah peradangan yang terjadi pada kelenjar sinus yang terletak di sekitar dahi, pipi, dan hidung. Sinusitis bisa terjadi karena flu, virus, bakteri, jamur, maupun alergi. 

Saat terjadi infeksi, kelenjar sinus akan membengkak dan tersumbat oleh cairan. Penyumbatan ini umumnya mengakibatkan rasa sakit di sekitar wajah dan hidung tersumbat.

Gejala yang biasa terjadi pada penderita sinusitis, seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic (16/8/2023) adalah hidung memproduksi banyak ingus yang kental, hidung tersumbat, rasa sakit di area wajah dan hidung, tekanan atau nyeri di gigi, tekanan pada telinga, demam, batuk, sakit kepala, dan kelelahan. 

Bergantung pada jenisnya, sinusitis bisa bertahan selama 2 sampai 12 minggu. Sinusitis yang didiagnosis kronis bahkan bisa bertahan selama setahun. Meskipun tidak berbahaya, sinusitis bisa menimbulkan rasa sakit dna tidak nyaman yang akan mengganggu aktivitas harian. 

Selain karena alergi, sinusitis adalah masalah saluran pernapasan yang kondisinya bisa semakin memburuk karena polusi udara. Meskipun demikian, gejala sinusitis bisa dikurangi dengan menjaga pola makan. 

Dilansir dari India Times (16/8/2023), tubuh memerlukan imunitas yang kuat untuk menghalau penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Infeksi pada bagian tubuh manapun bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan imun. 

Karena merupakan peradangan, sinusitis bisa diredakan dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki efek anti-inflamasi.

Simak makanan yang bisa meredakan sinusitis:

1. Jahe

Nutrisionis Dr Rohini Patil menyebutkan, “Jahe adalah makanan anti-inflamasi dan pendongkrak imun yang kuat.” Kandungan utama gingerol bisa mengurangi peradangan dan melegakan hidung. Selain itu, jahe bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam melawan reaksi alergi.


2. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang bersifat anti-inflamasi. Sama seperti jahe, kunyit juga memiliki sifat antioksidan yang bisa meningkatkan respons kekebalan tubuh saat alergi. Dengan itu, kunyit cocok ditambahkan dalam diet sebagai makanan pereda sinusitis.

manfaat kunyit
manfaat kunyit


3. Nanas

Nanas mengandung bromelain, suatu enzim yang bisa mengurangi penyumbatan hidung dan peradangan. Enzim ini akan memecah mucus (lendir hidung atau ingus) dan membuat pernapasan lebih lega. Efek ini sangat berkhasiat terutama bagi penderita sinusitis.

manfaat nanas bagi tubuh
manfaat nanas bagi tubuh


4. Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah khasiat anti-inflamasi dari kandungan antihistamin. Bawang putih bisa mengurangi gejala alergi seperti bersin dan pilek. Bumbu dapur ini juga bisa mencegah infeksi dan memperkuat imun.

manfaat dan khasiat bawang putih
manfaat dan khasiat bawang putih


5. Makanan Probiotik

Probiotik bisa ditemukan pada makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, dan tempe. Probiotik bisa meningkatkan mikrobioma yang sehat di dalam usus dan mencegah terjadinya alergi dan peradangan. Makanan berprobiotik juga terbukti bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh.

manfaat makanan kimchi
manfaat makanan kimchi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro