Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan/Istimewa
Health

10 Manfaat Makan Pisang Bagi Tubuh

Redaksi
Kamis, 31 Agustus 2023 - 17:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pisang adalah salah satu buah yang mudah ditemukan, mempunyai rasa yang enak dan banyak manfaatnya.

Pisang matang berukuran sedang biasanya mengandung 150 kalori, 1 gram protein, 28 gram karbohidrat, 15 gram gula alami, 3 gram serat dan kurang dari 1 gram lemak sehingga pisang mudah dicerna usus, kata ahli diet terdaftar Elyse Homan, dikutip Cleveland Clinic (31/8/2023). 

Selain membantu pencernaan, pisang juga bermanfaat menghindari tubuh dari berbagai penyakit mematikan.

Diansir Pharm Easy (31/8/2023) pisang menjadi salah satu makanan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Kandungan potasium dalam pisang dalam membantu menjaga ginjal lebih bersih.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi pisang 4-6 kali seminggu hampir 50% lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit ginjal dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi pisang. 

Manfaat konsumsi buah pisang sebagai berikut:

1. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Pisang kaya akan potasium, mineral, dan elektrolit yang membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan gizi tersebut membantu melindungi sistem kardiovaskular dari tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit pada jantung.

Pisang berukuran sedang akan menyediakan sekitar 320-400 mg potasium, yang memenuhi sekitar 10% kebutuhan potasium harian.

2. Membantu Membangun Otot Tanpa Lemak 

 Buah pisang mengandung banyak vitamin B6, yang membantu mengatur asam amino berbahaya yang disebut homosistein dalam darah. Dengan menjaga kadar homosistein, pisang dapat menurunkan risiko masalah jantung seperti serangan jantung, stroke, dan pembekuan darah.

Selain itu, pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu kontraksi dan relaksasi otot yang meningkatkan massa otot.

3. Mendukung Kesehatan Tulang 

Meskipun pisang tidak tinggi kalsium, pisang dapat membantu menjaga kesehatan tulang karena kandungan prebiotik bernama- Fructooligosakarida.

Fruktooligosakarida membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Oleh karena itu, prebiotik ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang tubuh.

4. Memulihkan Otot Setelah Berolahraga

Pisang kaya akan potasium yang membantu memulihkan otot setelah berolahraga. Mengonsumsi pisang setelah berolahraga dapat membantu memperkuat otot dan meningkatkan kemampuan berolahraga.

5. Membantu Mengurangi Kembung

Kembung membuat seseorang merasa tidak nyaman tetapi psang dapat membantu melawan retensi gas dan air. Hal ini dapat meningkatkan bakteri pelawan kembung di perut. Selain itu, pisang membantu mengurangi sisa cairan dalam tubuh karena kaya akan potasium.

6. Membantu Memberikan Rasa Lebih Kenyang

Pisang kaya akan pati spesifik yang disebut pati resisten yang membantu menahan proses pencernaan sehingga menekan rasa lapar dan membuat seseorang merasa kenyang.

7. Membantu Melawan Anemia

Karena kandungan folat yang tinggi pada pisang, buah ini menyehatkan bagi mereka yang menderita anemia. Kelelahan dan pucat akibat anemia dapat dikurangi dengan konsumsi pisang setiap hari.

8. Membantu Mengatasi Mabuk

 Pisang dapat membantu mengatasi mabuk. Mengonsumsi smoothie pisang yang dicampur dengan susu atau pisang dengan sedikit susu dan beberapa stroberi dapat membantu meredakan mabuk.

9. Mendukung Kesehatan Mata

Pisang kaya akan vitamin A, vitamin E, lutein dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan penglihatan. Lutein adalah nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

10. Membantu Memutihkan Gigi

Kulit pisang sangat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Menggosok perlahan bagian dalam kulit pisang selama kurang lebih 2 menit akan memberikan efek gigi putih dan cerah yang diinginkan. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro