Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan/Istimewa
Health

6 Makanan Kaya Kalium, dari Pisang hingga Yogurt

Kresensia Kinanti
Jumat, 4 Agustus 2023 - 14:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kalium adalah salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kalium berfungsi sebagai elektrolit larut yang menghantarkan listrik. Listrik tersebut kemudian digunakan untuk mengelola berbagai fungsi organ tubuh, termasuk kontraksi otot dan keseimbangan elektrolit dan cairan di dalam tubuh.

Peran kalium dalam tubuh adalah untuk membantu menjaga tingkat cairan normal di dalam sel dan berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga ritme jantung yang sehat, mengatur tekanan darah, dan mendukung kontraksi otot.

Melansir beberapa sumber, Jumat (4/8/2023), berikut adalah beberapa jenis makanan tinggi kalium yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

1. Pisang

Tiap satu buah pisang mengandung sekitar 420 miligram kalium. Selain mendukung kesehatan jantung dan fungsi otot, pisang juga menawarkan vitamin, serat, dan antioksidan.

Kandungan karbohidrat kompleks dan serat dalam pisang juga dapat membuat perut lebih kenyang lebih lama serta meningkatkan energi.

2. Bayam

Sayuran hijau ini memiliki sekitar 456,4 miligram kalium dalam 100 gram. Selain kalium, bayam juga kaya akan zat besi, kalsium, serta vitamin A dan C.

Memasukkan bayam ke dalam menu makanan Anda tidak hanya mendukung kesehatan jantung, tetapi juga membantu pemulihan otot dan kesehatan secara keseluruhan.

3. Alpukat

Satu buah alpukat mengandung sekitar 975 miligram kalium. Lemak tak jenuh tunggal yang sehat dalam alpukat berkontribusi pada kesehatan jantung, menjadikannya pilihan yang menyehatkan untuk jantung dan otot Anda.

4. Ubi

Selain rasa manisnya yang alami, ubi juga memberikan kontribusi dalam asupan kalium yang berguna abgi tubuh.

Satu ubi jalar berukuran sedang mengandung sekitar 542 miligram kalium, serta serat makanan, vitamin A dan C, dan antioksidan.

5. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga merupakan sumber kalium yang sangat baik. Menyediakan sekitar 232 mg potasium per buah berukuran sedang, jeruk memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan fungsi otot yang optimal.

6. Yoghurt

Yoghurt merupakan olahan susu yang mengandung kalium cukup tinggi.
Sebanyak 100 gram youghurt diketahui mengandung sekitar 229 miligram kalium.

Selain tinggi kalium, youghurt juga mengandung kalsium dan vitamin B2 yang baik untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro