Ilustrasi air lemon atau lemon infused water/Medicine.net
Health

Ini Buah-Buahan yang Rendah Gula, Aman Bagi Penderita Diabetes

Redaksi
Kamis, 21 September 2023 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengonsumsi sepotong buah dapat memuaskan rasa manis Anda sekaligus memberikan nutrisi penting seperti vitamin dan serat. Ada buah yang memiliki kandungan gula lebih tinggi dan lebih rendah, aman bagi penderita diabetes dalam jumlah terbatas.

Kandungan gula dalam buah dapat bervariasi tergantung pada jenis buah, ukuran buah, dan metode pengolahan. Dilansir dari Health, buah dengan kandungan gula rendah cocok untuk orang yang ingin memantau asupan gulanya. Secara umum, buah rendah gula dianggap lebih sehat daripada buah dengan kandungan gula tinggi. Buah rendah gula memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

Simak buah-buahan yang kandungan gula rendah:

1. Jeruk bali

Buah jeruk bali relatif rendah gula. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Setengah dari jeruk bali berukuran sedang mengandung 8,5 gram (g) gula dan 43% dari nilai harian vitamin C.

Jeruk bali juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik mengukur seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah. Sebuah tinjauan studi pada tahun 2021 bahkan menemukan bahwa jeruk bali dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

2. Buah beri

Buah beri lebih rendah gula dibandingkan buah lainnya. Berikut penampakan kandungan gula dalam 1 cangkir buah beri mentah.

Raspberry: 5 gram 5
Stroberi : 7 gram 6
Blackberry: 7 gram 7

Buah beri juga kaya serat, polifenol, dan vitamin. Mereka juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Asupan lebih tinggi buah-buahan dengan nilai indeks glikemik rendah, seperti buah beri, telah terbukti secara signifikan meningkatkan kadar hemoglobin A1C pada penderita diabetes tipe 2.

3. Jeruk lemon

Lemon mengandung 2,1 g gula dan 2,4 g serat per buah. Anda bisa memeras jusnya ke dalam segelas air untuk mendapatkan minuman yang menyegarkan. Anda juga bisa mencampurkan jus lemon dengan minyak zaitun extra-virgin untuk membuat saus salad yang lezat. Buah ini juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti vitamin.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki lebih sedikit gula dibandingkan lemon. Satu buah jeruk nipis mengandung 1 g gula dan 2 g serat per buah.Jika Anda tidak ingin memakan jeruk nipis secara keseluruhan, seperti halnya lemon, Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai bagian dari hidangan atau minuman.

5. Cranberry

Cranberry rendah gula yang hanya mengandung gula sebanyak 4 g per cangkir. Buah ini juga kaya akan senyawa tanaman bermanfaat dengan sifat antioksidan. Cranberry juga dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih sekitar sepertiga pada orang yang berisiko lebih tinggi terkena infeksi. Batasi cranberry kering karena biasanya dimaniskan dengan gula.

6. Semangka

Meski memiliki rasa manis dan lezat, semangka relatif rendah gula. Secangkir semangka yang dipotong dadu menyediakan 9 g gula dengan hanya 45 kalori. Meskipun semangka memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi, semangka mengandung 92% air dan mengandung sedikit karbohidrat sehingga memberikan kandungan glikemik yang rendah.

7. Buah kiwi

Satu buah kiwi mengandung 7 g gula. Buah-buahan kecil berwarna hijau ini memiliki peringkat rendah pada skala indeks glikemik dan merupakan sumber serat yang baik. Buah kiwi juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

8. Alpukat

Alpukat adalah buah rendah gula yang sangat bergizi. Satu buah alpukat utuh mengandung kurang dari setengah gram gula. Alpukat juga memberi Anda 9g serat dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Allpukat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

9. Jeruk

Satu buah jeruk mengandung kurang dari 13 gram gula. Dari jeruk, Anda juga akan mendapatkan 3 gram serat dan 70% dari nilai harian vitamin C penambah kekebalan tubuh. Jeruk juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

10. Aprikot

Dua buah aprikot kecil mengandung 6 g gula. Sepasang aprikot juga memiliki 1,4 g serat, dengan hanya 34 kalori. Meskipun aprikot kering sedikit lebih tinggi gulanya dan lebih rendah seratnya, aprikot kering masih tergolong rendah pada skala indeks glikemik.

11. Plum

Plum memiliki lebih sedikit gram gula dibandingkan buah lainnya. Satu buah plum mengandung kurang dari 7g gula. Buah dengan indeks glikemik rendah ini juga memiliki 1g serat dan kalori. Saat membeli buah plum, pilihlah yang montok dan berwarna tua. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro