Film Dragon Ball
Entertainment

Ini Dia 10 Anime yang Menelan Biaya Produksi Termahal

Mutiara Nabila
Rabu, 11 Oktober 2023 - 19:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Animasi asal Jepang, atau yang disebut anime memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Hal ini setara dengan pembuatan anime yang melibatkan banyak kreativitas, kerja keras, dan menelan banyak biaya. 

Semakin bagus animasinya, semakin besar krunya, dan semakin banyak keringat dan air mata yang mengalir, akan terbayar dengan semakin banyak pundi-pundi uang yang didapatkan. 

Namun, sayangnya, meski sebuah animasi anime kadang terasa biasa saja, ada kalanya produksinya justru menghabiskan uang setara dengan mobil sport mewah.  

Berikut ini 10 anime terkenal yang menelan biaya termahal dalam produksinya:

10. Demon Slayer 

Demon Slayer yang menempati posisi kesepuluh dalam daftar ini. Di satu sisi, hal ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahwa Demon Slayer merupakan salah satu anime terbaik dekade ini, dengan animasi yang sangat mencengangkan.  

Setiap episode Demon Slayer menghabiskan biaya produksi sekitar US$80.000, yang mungkin tampak jauh lebih murah dibandingkan dengan beberapa judul lain dalam daftar ini.  

9. One Piece

One Piece, dengan perjalanan epiknya yang mencakup lebih dari seribu episode sejak 1999, masuk dalam daftar sebagai salah satu serial anime terlama dalam sejarah. 

Tentu saja, selama bertahun-tahun, anggaran untuk setiap episode telah berubah secara dramatis. Saat ini,  untuk membuat satu episode One Piece menghasilkan US$90.000.

Dalang di balik animasi One Piece adalah raksasa industri, jadi tidak mengherankan jika anggarannya sangat besar.

8. Naruto Shippuden

Melihat Naruto Shippuden dalam daftar ini pasti akan memikat pembaca. Anime yang menghiasi layar kaca kita sejak 2007 hingga 2017, bertahan dengan baik di tengah munculnya berbagai serial animasi baru yang menampilkan animasi yang lebih cemerlang.  

Satu hal yang benar-benar mencengangkan adalah Naruto Shippuden mempertahankan kekuasaannya dengan anggaran yang luar biasa sekitar US$100.000 per episode.

Namun perlu diingat, anime bukan hanya tentang visual, tapi juga mencakup penyutradaraan, musik, penceritaan, akting suara, sulih suara, dan banyak lagi. Apalagi jika menyoal Naruto Shippuden, setiap elemen tampak selaras dalam harmoni yang sempurna, membuat anggaran besar itu tampak sepenuhnya dapat dibenarkan.

7. My Hero Academia

My Hero Academia, bintang yang bersinar di antara acara-acara Shonen dekade ini, mengingatkan kita bahwa tidak semua anime diciptakan sama dalam hal animasi. 

Anime Shonen, khususnya, menuntut kreativitas luar biasa dan anggaran yang besar. My Hero Academia misalnya, serial ini menyajikan berbagai adegan pertarungan menakjubkan dan rangkaian pertarungan epik. Tidak mengherankan produksinya menelan biaya yang besar.

Selain itu, serial ini secara konsisten menerima pujian atas animasi terbaiknya dari Studio Bones. Setiap episode yang hadir dengan banderol harga yang lumayan yaitu US$100.000.

6. Jojo's Bizarr Adventure 

Hirohiko Araki menciptakan sebuah mahakarya sejati di bidang petualangan dan supernatural, menjadi sebuah karya seni yang lahir pada Oktober 2012, berkat David Production.  

Hal yang membedakan Jojo's Bizarre Adventure adalah gaya seninya yang benar-benar unik, membuat karakter-karakternya langsung dikenali dan disayangi oleh para penggemar.

Serian anime Jojo identik dengan pertarungan yang intens, animasi yang menakjubkan, dan karakter yang dibuat dengan baik. Tim di balik serial ini mencurahkan hati dan jiwa mereka ke setiap musim, semuanya dalam upaya berdedikasi untuk menyenangkan penontonnya.  

Itulah yang menyebabkan Jojo's Bizarre Adventure mempertahankan anggaran yang besar, sekitar US$120.000 untuk satu episode. 

5. Black Clover

Studio Pierrot memiliki tempat khusus di hati para penggemar anime, karena telah menyumbangkan bakat mereka pada serial legendaris seperti Bleach, Naruto, Yu Yu Hakusho, Boruto, dan Black Clover yang menawan. Namun, ketika anime favorit berada di tangan Studio Pierrot, satu hal yang pasti, anggaran yang dibutuhkan tidak akan murah.

Sejak 2017, Black Clover telah membawa kita ke dunia di mana keajaiban berkuasa, dan untuk mewujudkan konsep yang unik dan memesona ini, para kreatornya membuat pilihan berani dengan menetapkan anggaran rata-rata US$140.000 per episode.  

Namun, mengingat narasi memikat yang ditampilkan Black Clover, tidak mengherankan jika serial ini berhasil memenangkan hati para penggemarnya, sehingga membuat investasi sebesar tak menjadi masalah.

4. Jujutsu Kaisen

Jujutsu Kaisen tidak dapat disangkal menjadi salah satu juara bertahan era anime kita saat ini. MAPPA, merupakan studio yang dipercayakan untuk menghidupkan Jujutsu Kaisen dan karakter-karakternya yang memukau.

Ketika produksinya diserahkan kepada MAPPA, artinya memercayakan untuk memberikan kesempurnaan pada karyanya. Dari animasi hingga penyutradaraan dan akting suara, semuanya berpadu dengan mulus.  

Film ini dibanderol dengan harga US$150.000 per episode, tetapi setiap sen yang diinvestasikan di Jujutsu Kaisen sangat sepadan.

3. Attack on Titan

Anggaran untuk satu episode Attack on Titan sama besarnya dengan Titan yang ditampilkannya, yaitu US$150.000. 

Ketika produsen animasinya menunjuk WIT Studio dan MAPPA, jelas akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pemirsanya. 

2. Dragon Ball Super

Dragon Ball Super mendapat posisi kedua dalam daftar ini, dan Dragon Ball berdiri sebagai franchise yang bahkan lebih populer daripada Tiga Besar anime.  

Dragon Ball Super menelan anggaran sebesar US$160.000 untuk setiap episodenya. Yang menarik adalah serial ini ditayangkan dari 2015 hingga 2018, dengan total 131 episode, namun anggarannya melebihi anggaran banyak serial yang muncul baru-baru ini.

1. Bleach

Serial Bleach asli, yang menghiasi layar kita sejak 2002 hingga 2012, menampilkan animasi yang inovatif pada masanya.  

Namun, jika animasi yang sama disajikan di era sekarang, mungkin hasilnya tidak akan sebaik itu meskipun alur cerita serialnya menarik.  

Dengan mempertimbangkan hal ini, Studio Pierrot mengambil alih kendali untuk arc Perang Darah Seribu Tahun Bleach yang belum diadaptasi, memberikan animasi yang membuat para penggemar Bleach bertanya-tanya apakah mereka masih berada di alam semesta Bleach yang sama yang telah mereka kenal selama bertahun-tahun.

Adaptasi ini, yang dikenal dengan adegan-adegannya yang berpasir, pertumpahan darah, dan aksi yang intens, sangat jauh dari Bleach yang kita kenal selama bertahun-tahun.  Mengingat transformasinya, tidak mengherankan jika setiap episode memiliki biaya rata-rata US$160.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro