Mencuci tangan
Health

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia, Diperingati Setiap 15 Oktober

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 15 Oktober 2023 - 08:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia, hari advokasi global yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara yang efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa.

Hari Cuci Tangan Sedunia didirikan oleh Kemitraan Cuci Tangan Global, dan merupakan kesempatan untuk merancang, menguji, dan mereplikasi cara-cara kreatif untuk mendorong masyarakat mencuci tangan dengan sabun pada saat-saat kritis.

Sejak tahun 2008, Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Oktober untuk mempromosikan cuci tangan pakai sabun dan air sebagai cara yang mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa.

Jika mencuci tangan pakai sabun dilakukan pada saat-saat penting, seperti setelah menggunakan toilet atau sebelum makan, hal ini dapat mengurangi risiko diare dan pneumonia, yang dapat menyebabkan penyakit serius dan kematian.

Mencuci tangan pakai sabun juga membantu mencegah penyebaran infeksi dan virus lain termasuk influenza dan COVID-19.

Beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan komitmen dan tindakan kebersihan tangan. Meskipun kemajuan besar telah dicapai, dunia harus melipatgandakan upayanya saat ini untuk mencapai target kebersihan tangan global.

Hari Cuci Tangan Sedunia tahun 2023 mengusung tema “Tangan bersih berada dalam jangkauan”.

Kampanye tersebut menyatakan, “Melalui kepemimpinan yang kuat dan upaya kolektif, kita dapat menutup kesenjangan dalam akses dan praktik untuk mencapai kebersihan tangan bagi semua orang. Setiap orang mempunyai peran untuk memastikan tangan yang bersih dapat dijangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro