Telapak tangan/Istimewa
Health

Tangan Terasa Dingin Bahkan Saat Cuaca Hangat? Anda Mungkin Mengidap Penyakit Ini

Ni Luh Anggela
Selasa, 8 Februari 2022 - 13:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tangan terasa dingin ketika Anda baru saja mandi air dingin ataupun disaat cuaca terasa dingin merupakan hal yang lumrah terjadi. Akan tetapi, bila tangan Anda dingin terus menerus, bahkan tidak ada yang memicunya bisa jadi ada yang salah dengan tubuh Anda.

Jika kondisi ini terjadi pada Anda, bisa jadi Anda memiliki penyakit atau kondisi yang membatasi aliran darah ke tangan Anda. Ini dapat menyebabkan tangan Anda terasa lebih dingin dari biasanya, dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan perubahan warna pada ujung jari Anda menjadi kebiruan atau putih.

Kondisi tersebut seringkali dikenal dengan penyakit Raynaud primer dan Raynaud sekunder, yang disebabkan oleh penyempitan arteri kecil Anda, yang kemudian membatasi aliran darah ke daerah yang terkena, seperti tangan, telinga, hidung, bibir dan puting.

Raynaud dapat disebabkan oleh berbagai penyakit dan gangguan, termasuk rheumatoid arthritis, lupus, dan scleroderma. Selain itu, hipertensi pulmonal hingga kelainan darah tertentu seperti cryoglobulinemia juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Melansir Health Digest, Selasa (8/2/2022), untuk pengobatannya sendiri dapat bervariasi, tergantung pada penyebab yang membuat tangan Anda menjadi dingin. Selain mengatasi penyebab yang mendasarinya, Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan penghangat tangan seperti sarung tangan tebal atau heat pack, memijat tangan dan aktif bergerak.

Jika tangan Anda dingin dan disertai dengan kesulitan bernapas, nyeri tangan atau perubahan warna pada jari-jari Anda, segera berkonsultasi dengan dokter Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro