Bandara Imam Khomeini
Travel

Daftar 10 Negara Tertua di Dunia 2023, Iran Paling Tua

Redaksi
Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Kehidupan serta peradaban manusia sudah dimulai sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

Mulai dari kehidupan manusia primitif, hingga manusia bisa membangun sebuah komunitas besar yang berbentuk pemerintahan maupun negara.

Hingga saat ini, ada 193 negara yang diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan sebanyak 193 negara di antaranya merupakan negara anggota PBB. 195 negara ini tersebar di seluruh dunia, mulai dari Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Oseania.

Namun, pernahkah Anda berpikir tentang negara tertua yang ada di dunia?

Melansir laman World Population Review, berikut 10 negara tertua di dunia berdasarkan tanggal pemerintahan terorganisir yang paling awal diketahui.

1. Iran – 3200 SM

Iran didirikan sebagai sebuah negara pada tahun 3200 SM, terletak di antara Timur Tengah dan Asia, berbatasan dengan negara-negara besar seperti Irak, Turki, Afganistan dan Pakistan.

Ibu kota negara ini adalah Teheran, dan negara ini memiliki populasi lebih dari 86 juta jiwa. Topografi Iran ditandai dengan banyaknya gunung dan pegunungan.

2. Mesir – 3100 SM

Bentuk pemerintahan pertama Mesir berdiri sekitar tahun 3100 SM. Mesir adalah sebuah negara yang terletak di sudut timur laut benua Afrika, berbatasan dengan Laut Mediterania, Israel, Libya, dan Sudan. Ibu kota Mesir adalah Kairo, dan negara ini memiliki populasi sekitar 104 juta penduduk.

3. Vietnam – 2879 SM

Negara Vietnam didirikan pada tahun 2879 SM dan terletak di bagian timur Asia Tenggara. Ibu kota negara ini adalah Hanoi, dan populasi negara Vietnam mencapai lebih dari 99 juta jiwa.

Negara ini berbatasan dengan Kamboja, Laos, dan Tiongkok. Tiongkok memiliki pengaruh besar terhadap budaya Vietnam, karena Tiongkok pernah memerintah Vietnam selama beberapa tahun.

4. Armenia – 2492 SM

Negara Armenia berdiri sejak tahun 2492 SM dan berbatasan dengan Georgia, Azerbaijan, Turki, dan Iran. Armenia memiliki sekitar tiga juta penduduk yang tinggal di negara ini dengan lebih dari 35% populasi berada di ibu kota Yerevan.

Sayangnya, Armenia kehilangan sebagian besar wilayahnya setelah penjajahan Persia dan Utsmaniyah mengancam populasi negara ini. Bahkan, pemerintahan Ottoman selama abad ke-19 dan ke-20 menindas rakyat Armenia melalui pembantaian dan deportasi.

5. Korea Utara – 2333 SM

Bentuk pemerintahan pertama Korea Utara diakui pada tahun 2333 S.M. Ibu kota Korea Utara adalah P'yongyang, dan negara ini memiliki populasi lebih dari 25 juta jiwa.

Sebagian besar topografi Korea Utara terdiri dari pegunungan seperti Dataran Tinggi Kaema dan Gunung Peaktu. Lembah-lembah sungai terbentang di antara pegunungan, melengkapi pegunungan dan menambah keindahan pemandangan.

6. Tiongkok – 2070 SM

Tiongkok muncul sebagai rezim yang sah pada tahun 2070 SM dan menempati wilayah yang sangat luas. Negara ini memiliki daratan terbesar ketiga di dunia dan menempati sekitar 7,14% daratan dunia.

Tiongkok berbatasan dengan sejumlah negara Asia, termasuk Rusia, Mongolia, India, dan Vietnam. Ibu kotanya adalah Beijing, dan memiliki populasi terbesar di dunia, dengan jumlah lebih dari 1,4 miliar orang.

7. India – 2000 SM

India diperintah oleh Kerajaan Inggris hingga kemerdekaannya diakui pada tahun 1947. Sebelum pemerintahan Inggris, India terdiri dari kumpulan berbagai negara yang berbeda. Bahkan, pemukiman di anak benua India telah terjadi selama kurang lebih 5,000 tahun sebelum peradaban yang sah didirikan.

Mirip dengan Tiongkok, populasi India lebih dari satu miliar, dan populasinya terus bertambah. Ibu kota India adalah New Delhi, dan negara ini berbatasan dengan Pakistan, Nepal, Tiongkok, dan beberapa negara Asia Timur lainnya.

Di India, terdapat populasi yang sangat beragam mencakup berbagai macam etnis, bahasa, dan kelompok penduduk asli.

8. Georgia – 1300 SM

Georgia, dengan jumlah penduduk sekitar 3,7 juta jiwa, didirikan pada tahun 1300 S.M. Ibu kotanya adalah Tbilisi, dan negara ini berbatasan dengan Rusia, Azerbaijan, Armenia, dan Turki.

Georgia berkembang pesat selama periode abad pertengahan, tetapi kemudian dikuasai oleh Uni Soviet. Kedaulatan Georgia baru kembali pada 1989, hampir 3.300 tahun setelah negara ini didirikan.

9. Israel – 1300 SM

Sama seperti Georgia, negara Israel juga terbentuk pada tahun 1300 S.M. Ibu kotanya adalah Yerusalem, dan negara ini memiliki populasi 8,9 juta penduduk.

Israel berbatasan dengan Lebanon, Suriah, Yordania, dan Mesir. Israel adalah satu-satunya negara Yahudi saat ini. Negara ini dijanjikan kepada bangsa Ibrani, yang mendahului bangsa Yahudi, sebagai "tanah yang dijanjikan" menurut Alkitab.

10. Sudan – 1070 SM

Sudan terbentuk pada tahun 1070 SM dan terletak di benua Afrika, berbatasan dengan Mesir, Libya, Chad, dan negara-negara Afrika Timur Laut lainnya.

Negara ini memiliki populasi 45 juta orang, dan ibu kotanya adalah Khartoum. Meskipun Sudan awalnya merupakan negara jajahan, namun negara ini kemudian memperoleh kemerdekaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro