Ilustrasi rumah sakit/bisnis.com
Health

Pentingnya Manajemen Mutu dalam Pelayanan Rumah Sakit

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 15 November 2023 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - RS Pelni menyatakan mutu pelayanan dan fasilitas rumah sakit sangat penting untuk melayani pasien.

Sebagai sebuah fasilitas pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan rawat inap dan rawat jalan, rumah sakit harus memberikan pelayanan yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas ini  merupakan suatu keharusan dan mutlak dipenuhi oleh suatu rumah sakit.

Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat adalah meningkatkan kinerja rumah sakit secara profesional dan mandiri.

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, setiap fasilitas pelayanan kesehatan wajib melakukan peningkatan mutu pelayanan kesehatan baik secara internal maupun eksternal dan terus menerus serta berkesinambungan.

Rudy Hartono selaku Plt Dirut RS Pelni , menandakan bahwa penjaminan mutu dalam bidang manajemen lingkungan dan sitem manajemen kesehatan serta keselamatan kerja atas layanan kesehatan yang diberikan oleh RS Pelni sudah dievaluasi dan berstandar internasional.

Dalam sambutannya, dr. Lia mengatakan bahwa manajemen mutu dalam pelayanan rumah sakit diperlukan agar bisa tertata untuk memudahkan perkerjaan, akuntable, lebih transparan dan sistematis sehingga ke depannya dapat memudahkan rumah sakit saat akan mendapatkan sertifikasi lain.

”Alhamdulillah kami mendapatkan sertifikasi ISO ini 3 sekaligus dan juga SMK 3 hal ini merupakan komitmen manajemen RS Pelni untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan berfokus pada patient safety serta memberikan perlindungan rasa aman dalam bekerja bagi karyawan RS Pelni,” ungkap Rudy Hartono.

Ketiga ISO internasional itu, yaitu  9001:2015 Quality Management System, ISO 14001:2015 Environment Management System, dan , 45001:2018 Occupational Health & Safety Management System.

Sebelumnya, di bawah pimpinan Plt Dirut RS Pelni, ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam penilaian system manajmen mutu di RS Pelni, antara lain Pencanangan Penerapan Sistem Manajemen Mutu, Pelatihan Awareness Sistem Manajemen Mutu, Penyusunan Prosedur, Identifikasi Risiko, Penetapan Sasaran Mutu, Internal Audit, Tinjauan Manajemen dan Eksternal Audit.

Dr. Lia menambahkan, Rumah Sakit PELNI merupakan bagian dari Pertamina Bina Medika IHC, sebagai holding rumah sakit BUMN Indonesia. IHC mengoperasikan lebih dari 75 rumah sakit di seluruh Indonesia.

”Saat ini RS PELNI memiliki layanan unggulan yaitu Oncology Center, Cardiovascular Center, Neurology Center dan Eye Center. Sebelumnya RS PELNI telah mendapatkan akreditasi dengan kriteria PARIPURNA dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Indonesia,” tambah dr. Lia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro