Ilustrasi mata merah/
Health

Kenali Penyebab Eye Floaters, Gangguan Pada Penglihatan Mata

Redaksi
Senin, 20 November 2023 - 13:56
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Pernahkah Anda merasakan seperti ada bercak kecil atau berupa garis pada penglihatan ketika melihat langit yang cerah, selembar kertas kosong, atau dinding putih?

Itu sebenarnya adalah bayangan jaringan sel darah kita sendiri yang tertangkap oleh retina mata atau disebut dengan eye floaters.

Sebagian besar eye floaters disebabkan oleh perubahan yang berkaitan dengan usia, yang terjadi karena zat seperti jeli (vitreus) pada mata mencair dan mengerut. Gumpalan serat kolagen yang tersebar di dalam vitreus kemudian akan membentuk bayangan kecil pada retina.

Umumnya, kondisi ini tidak mengakibatkan rasa sakit dan tidak mengganggu penglihatan. Namun, ada beberapa gejala yang sebaiknya diwaspadai dan tidak dianggap sepele.

Beberapa tanda yang perlu diwaspadai adalah adanya pertambahan atau perubahan mendadak floaters, terutama jika disertai nyeri, kilatan cahaya, dan gangguan lapang pandang.

Seperti apa bentuk eye floaters?

Eye floaters dapat ditandai dengan munculnya bintik atau bayangan pada penglihatan. Bentuk ini dapat berupa bintik hitam, untaian serupa benang, garis, dan sebagainya.

Penyebab eye floaters

Penyebab paling umum dari eye floaters adalah pertambahan usia. Bagi banyak orang, floaters adalah bagian dari proses penuaan alami.

Selain itu, memiliki riwayat keluarga dengan robekan dan ablasio retina, mengalami rabun jauh, dan memiliki riwayat uveitis juga bisa menjadi penyebab eye floaters.

Terkadang, floaters dapat menjadi tanda kondisi mata yang lebih serius yang disebut robekan retina dan ablasio retina. Pada kondisi ini, cairan vitreus yang menyusut dan menarik diri menyebabkan retina robek yang mengakibatkan ablasio retina. Hal ini dapat menyebabkan masalah penglihatan yang serius.

Penyebab eye floaters yang lebih serius, termasuk:
- Infeksi mata
- Cedera mata
- Uveitis (peradangan pada mata)
- Pendarahan pada mata
- Ablasi vitreus (ketika vitreus terlepas dari retina)
- Robekan retina (ketika ablasi vitreus membuat lubang pada retina)
- Ablasio retina (ketika retina terlepas dari bagian belakang mata)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro