Jamur enoki memiliki bakteri Listeria monocytogenesis.
Health

Manfaat Konsumsi Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Redaksi
Kamis, 28 Desember 2023 - 20:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jamur enoki adalah jamur serbaguna dan lezat yang dikenal karena teksturnya yang renyah dan lembut. Jamur enoki menambah aroma dan rasa yang unik dan menyenangkan pada makanan. Mereka mengandung asam amino.

Jamur enoki selain memiliki rasa yang lezat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung, hingga membantu pencernaan.

Simak manfaat jamur enoki untuk kesehatan:

1. Menjaga kerusakan akibat radikal bebas

Jamur enoki juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang baik, yaitu senyawa bermanfaat yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya untuk melindungi dari penyakit kronis.

2. Memperlambat pertumbuhan kanker

Penelitian in vitro dan model hewan menemukan bahwa jamur enoki dapat membantu melawan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Pada tikus, misalnya, protein spesifik dalam jamur terbukti  menurunkan aktivitas tumor pada sel kanker hati. Demikian pula penelitian lain di jurnal Oncology Reports mencatat bahwa jamur enoki efektif memblokir pertumbuhan sel kanker payudara secara in vitro.


3. Mengatur sistem kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menemukan bahwa jamur enoki mengandung senyawa protein yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Faktanya, salah satu model hewan dari Taiwan benar-benar menunjukkan khasiat jamur enoki yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan menyatakan bahwa jamur enoki efektif dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh


4. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat jamur enoki yang paling menjanjikan adalah dampaknya yang kuat terhadap kesehatan jantung. Faktanya, penelitian menemukan bahwa hamster yang mengonsumsi ekstrak jamur enoki memiliki kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat LDL yang lebih rendah, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan fungsi otak

Jamur Enoki rendah kalori namun kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Mereka sangat tinggi vitamin B seperti niasin, tiamin, dan riboflavin, yang semuanya penting untuk fungsi otak.

6. Kaya akan serat

Jamur enoki memberikan manfaat besar dalam hal nutrisi. Jamur ini tidak hanya mengandung vitamin dan mineral penting dalam jumlah besar, tetapi jamur enoki juga tinggi serat, mencapai 1,8 gram ke dalam satu cangkir. Serat penting untuk beberapa aspek kesehatan, terutama untuk pencernaan.

Penting untuk menyiapkan jamur dengan benar untuk menghindari efek samping yang merugikan. Sebaiknya, konsumsi enoki yang benar-benar matang, lalu makan jamur enoki sebagai topping masakan seperti ramen, nasi, atau olahan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro