Ilustrasi perempuan menjalani diet sehat agar panjang umur/Freepik
Health

5 Cara Sederhana yang Bisa Bikin Panjang Umur

Redaksi
Kamis, 28 Desember 2023 - 21:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Panjang umur merupakan suatu hal yang menjadi keinginan banyak orang. Namun, ada beberapa usaha yang perlu Anda lakukan dan konsisten untuk mencapainya.

Hal yang bisa menjadi faktor umur panjang sangat beragam. Salah satu faktor utama adalah kesehatan, baik secara fisik maupun psikis.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan angka harapan hidup. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa kebiasaan sehari-hari berikut diketahui bisa bikin panjang umur.

1. Tidak merokok

Selain menyebabkan kanker paru-paru, merokok dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius termasuk serangan jantung, stroke dan kanker mulut dan tenggorokan, menjadikannya ancaman terhadap memiliki umur panjang. 

Cara terbaik untuk mengurangi risiko tentu saja dengan tidak pernah merokok sama sekali, tetapi jika Anda sudah merokok, para ahli menyarankan untuk berhenti sesegera mungkin untuk meminimalkan ancaman terhadap kesehatan Anda.

2. Pertahankan berat badan yang sehat

Diet dan kebiasaan olahraga membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Sebab, obesitas dikaitkan dengan kondisi kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan kanker, yang dapat mempersingkat hidup Anda.

3. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur menguntungkan bagi kesehatan fisik dan mental Anda, dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular hingga suasana hati dan energi. Jadi tidak heran jika olahraga dapat memperpanjang hidup Anda. 

Pedoman aktivitas fisik federal merekomendasikan untuk setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit olahraga berat setiap minggu, ditambah sesi penguatan otot dua kali seminggu, untuk menuai manfaat kesehatan dan umur panjang.

4. Makan makanan yang sehat

Penelitian telah menyarankan untuk mengikuti diet Mediterania  yang mencakup banyak buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan lemak sehat, dan tidak banyak gula, daging merah atau makanan olahan membawa sejumlah manfaat kesehatan, termasuk hidup yang lebih lama.

5. Membatasi minum alkohol

Minum alkohol memiliki banyak dampak buruk bagi tubuh. Sebab, minum alkohol dapat memiliki risiko kecanduan, kanker, dan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, harus membatasi minum alkohol untuk menghindari masalah kesehatan dan meningkatkan umur panjang. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro