Unik, di Kota Ini Semua Warganya Tinggal dalam Satu Gedung 14 Lantai
Travel

Unik, di Kota Ini Semua Penduduk Tinggal dalam Satu Gedung 14 Lantai

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 Maret 2024 - 15:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Whittier, Alaska, yang terletak dengan tenang di pantai barat Prince William Sound di tengah pegunungan yang menakjubkan, menghadirkan tatanan kehidupan khas yang berbeda dengan lanskap kota pada umumnya.

Sering disebut sebagai "kota di bawah satu atap", Whittier menampung hampir seluruh penduduknya dalam bangunan 14 lantai yang dikenal sebagai Menara Begich.

Bangunan kolosal ini memiliki banyak kegunaan, dapat menampung tempat tinggal, sekolah, toko kelontong, klinik, kantor polisi dan banyak lagi, membentuk komunitas mandiri dalam batas-batasnya.

Asal usul pengaturan unik ini berasal dari lokasi Whittier yang terpencil dan kondisi cuaca yang menantang.

Terletak di ujung fjord yang sempit, kota ini secara historis mengandalkan akses air karena tidak dapat diakses melalui darat. Menara Begich, awalnya dibangun sebagai perumahan militer selama Perang Dunia II, muncul sebagai tempat perlindungan penting, menawarkan fasilitas dan keamanan terpusat, terutama selama bulan-bulan musim dingin yang keras ketika medan di sekitarnya tidak dapat dilalui.

Saat ini, tatanan tempat tinggal Whittier yang luar biasa memberikan wawasan tentang komunitas yang terjalin erat di mana para tetangga hanya berjarak beberapa langkah.

Meski tidak konvensional, para penghuninya menerima kenyamanan dan rasa persahabatan yang dipupuk oleh ruang bersama ini.

Menurut alaska.org, meskipun hanya beberapa ratus penduduk yang menyebut kota pesisir ini sebagai rumah mereka, kota ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya karena daya tariknya yang ramah keluarga dan kedekatannya dengan Anchorage (hanya berjarak 90 menit berkendara).

Terkenal sebagai tempat konsentrasi gletser air pasang terbesar di dunia, Whittier menawarkan kesempatan yang dapat diakses untuk menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan, seperti gletser, paus, berang-berang laut, dan penangkaran burung laut yang semarak, menjadikannya destinasi yang menarik bagi para pecinta alam.

Whittier adalah sebuah kota di California Selatan di Los Angeles County, bagian dari Gateway Cities. Kota 14,7 mil persegi memiliki 87.306 penduduk pada sensus Amerika Serikat 2020, meningkat 1.975 dari angka sensus 2010. Whittier didirikan pada Februari 1898 dan menjadi kota piagam pada tahun 1955.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro