Ilustrasi nyeri tulang belakang./Istimewa
Health

Tips Sehat, 10 Makanan yang Bisa Jaga Kesehatan Sendi

Redaksi
Kamis, 4 April 2024 - 20:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Persediaan Nasional diperingati setiap tanggal 4 April yakni dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih bisa memperhatikan kesehatan sendi mereka.

Dilansir dari goodrx.com dan caryortho.com, Kamis (4/4/2024) banyak sekali kelainan sendi yang dapat dialami yakni seperti arthritis, osteoartritis, asam urat, dan artritis reumatoid.

Sendi mempunyai peran penting dalam tubuh apabila sendi mengalami masalah maka tubuh akan mengalami beberapa masalah seperti nyeri, bengkak, atau mati rasa sehingga dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan untuk itu mulai sekarang cobalah jaga kesehatan sendi melalui pola makan yang sehat.

Pola makan sehat sangat berpengaruh dalam menciptakan serta mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai komplikasi kesehatan yang bisa terjadi.

Simak 10 makanan yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan sendi:

1. Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat membantu dalam menjaga kesehatan sendi melalui kandungan yang terdapat didalamnya seperti vitamin K, magnesium, serat, dan nutrisi dengan cara menghancurkan enzim yang menjadi penyebab pembengkakan pada sendi.

Berikut sayuran hijau yang dapat dikonsumsi

1. Kangkung

2. Bayam

3. Sawi

4. Brokoli

5. Kembang kol

6. Kubis brussel

2. Ikan berlemak dan minyak ikan

Beberapa jenis ikan berlemak dan minyak ikan dapat membantu dalam menjaga kesehatan sendi melalui kandungan vitamin D dan asam lemak omega 3.

Vitamin D sangat dibutuhkan tubuh dalam melakukan penyerapan kalsium di usus dan diperlukan tulang dalam menjaga kepadatannya sedangkan asam lemak omega 3 yang memiliki sifat anti inflamasi ini sangat dibutuhkan  dalam mengurangi risiko pengeroposan tulang dan patah tulang.

Berikut jenis ikan berlemak yang dapat dikonsumsi

1. Ikan salmon

2. Ikan makarel

3. Ikan sarden


3. Produk susu kaya kalium

Susu menjadi salah asupan yang cukup populer untuk dikonsumsi dalam upaya menjaga kesehatan bahkan tidak sedikit produk susu yang diproduksi untuk menjaga kesehatan tulang.

Susu kaya kalsium dapat membantu dalam menjaga kesehatan sendi dan tulang melalui vitamin B12 yang dimilikinya yang menjadi kunci dalam membangun massa tulang.

Banyak sekali produk susu yang dapat dikonsumsi mulai dari susu itu sendiri, yogurt hingga keju, akan tetapi bagi yang tidak toleran dengan laktosa atau vegan hindarilah konsumsi tiga produk susu yang telah disebutkan dan beralih dengan produk susu nabati seperti almond, kedelai, dan oat.

4. Buah-buahan  

Menjaga kesehatan sendi dapat dilakukan melalui konsumsi asupan buah-buahan yang mempunyai kandungan vitamin C, mineral dan serat yang sangat dibutuhkan untuk sendi.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C yang terdapat di beberapa buah dapat membantu mencegah terkenanya osteoporosis dan meningkatkan kekebalan tubuh melalui perannya dalam memproduksi kolagen.

Berikut buah yang dapat dikonsumsi

1. Jeruk

2. Kiwi

3. Melon

4. Nanas

5. Apel

6. Bluberi

7. Stroberi

8. Ceri

5. Telur

Telur menjadi salah satu menu yang sering dijumpai di berbagai hidangan makanan berat maupun makanan ringan maka dari itu tidak sulit dalam mencari makanan dengan bahan dasar telur.

Fakta menarik dari telur yakni ternyata telur bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan sendi melalui vitamin D dan protein yang dimilikinya. Vitamin D ini sangat dibutuhkan dalam penyerapan kalsium yang berdampak dalam meningkatkan kesehatan sendi dan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro