Telur rebus/diabetesfoundationorg
Health

Ini 10 Makanan Untuk Meningkatkan IQ dan Kecerdasan Anak agar Pintar

Redaksi
Kamis, 25 April 2024 - 06:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang tua ingin memiliki anak aktif dan pintar. Kenali beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan IQ anak. 

Asupan makanan yang masuk dalam tubuh anak akan sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya apabila orang tua tidak memperhatikan jenis kandungan makanan yang dikonsumsi anak maka akan memicu timbulnya beberapa masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang terjadi seperti menurunnya kinerja kognitif, menghambat tumbuh kembang anak, menurunnya daya ingat hingga bisa menjadi pemicu kematian.

Dilansir dari uclahealth.org dan sog.com.sg, Rabu (24/4/2024) selama masa pertumbuhan anak-anak sangat membutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi karena melalui kandungan inilah fungsi otak dapat berjalan dengan maksimal sehingga bisa meningkatkan kecerdasan IQ pada anak.

American Academy of Pediatrics Committee on Nutrition merekomendasikan nutrisi tertentu untuk perkembangan otak yang sehat pada anak dan balita:

1. Kolin 

2. Folat 

3. Yodium 

4. Besi 

5. Asam lemak tak jenuh

6. Protein 

7. Vitamin A, D, B6 dan B12 

8. Seng

Simak makanan yang dapat membantu meningkatkan IQ anak

1. Telur

Mengonsumsi telur dapat membantu dalam upaya meningkatkan kecerdasaan IQ pada anak dan balita yakni melalui kandungan nutrisi yang dimilikinya seperti kolin, vitamin B12, dan protein. 

Kandungan kolin yang dimiliki telur sangat berguna dalam membentuk perkembangan otak normal sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif yang merupakan kunci dari kecerdasaan yang dimiliki manusia.

Mulai sekarang cobalah untuk memasukan telur kedalam menu makanan anak, Anda dapat memberikan sekitar dua butir telur utuh per hari untuk anak-anak yang berusia dibawah 8 tahun.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruh tidak terkecuali pada peningkatan kesehatan otak yakni melalui beberapa kandungan yang dimilikinya seperti protein, seng, zat besi, kolin, yodium, dan lemak omega-3.

Mulai sekarang cobalah untuk memulai memasukkan ikan salmon sebagai menu makanan anak. Namun perlu diperhatikan bagi orang tua yang memiliki anak dibawah usia 3 tahun agar tidak memberikan ikan salmon secara berlebihan cukup berikan 1 ons porsi dua hingga tiga kali seminggu.

3. Daging sapi tanpa lemak

Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kecerdasan IQ anak yakni melalui konsumsi daging sapi tanpa lemak karena makanan ini mengandung sumber seng dan zat besi yang sangat baik untuk peningkatan kinerja kognitif pada otak.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi sangat dibutuhkan anak karena mereka lebih rentan untuk terkena penyakit anemia. Kondisi tersebut dialami hampir satu dari 10 anak-anak di Amerika yang berusia dibawah 3 tahun, apabila sudah mengalami anemia maka akan menyebabkan kesulitan dalam memahami pembelajaran hingga dapat memicu Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

4. Yogurt

Yogurt mempunyai kandungan kaya akan nutrisi seperti protein, seng, kolin dan yodium yang bisa membantu dalam memaksimalkan kinerja kognitif pada otak sehingga dapat mempengaruhi kecerdasaan IQ pada anak-anak.

Pada masa pertumbuhan anak-anak sangat membutuhkan asupan makanan yang mengandung yodium karena kandungan inilah yang membantu dalam produksi hormon tiroid yang menjadi kunci utama dalam perkembangan otak dan proses neurologis.

Apabila anak kekurangan asupan yodium maka akan mempengaruhi fungsi kognitif anak secara keseluruhan dan kemampuan berpikirnya untuk itu mulai sekarang cobalah masukkan yogurt dalam menu makanan sehat anak.

5. Bayam 

Bayam menjadi salah satu sayuran yang bisa membantu dalam upaya meningkatkan kecerdasan IQ anak melalui kandungan yang dimilikinya seperti zat besi dan folat.

Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan folat yang cukup cenderung memiliki kognisi lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak mendapatkan cukup folat dalam asupannya.

Adapun manfaat lainnya yang diberikan melalui kandungan zat besi pada bayam, kandungan ini memainkan peran penting dalam perkembangan hipokampus yakni merupakan bagian otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan memori.

6. Kangkung

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung mempunyai kandungan seperti folat, flavonoid, karotenoid, vitamin E, dan K1 yang dapat membantu dalam upaya meningkatkan kesehatan otak pada anak-anak.

Mulai sekarang cobalah untuk masukkan kangkung kedalam menu makanan sehat anak setiap minggunya karena sayuran ini bisa membantu meningkatkan fokus sehingga dapat mempengaruhi cara berpikir anak.

7. Kacang kedelai

Kacang kedelai menawarkan beberapa nutrisi yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak yakni seperti seng, protein, zat besi, folat, dan kolin.

Tidak hanya itu saja adapun kandungan lainnya seperti asam lemak omega 3, kandungan ini cukup populer untuk meningkatkan kinerja kognitif pada otak sehingga dapat mempengaruhi kecerdasan dan cara berpikir anak.

Bagi anak-anak vegetarian mengonsumsi kacang kedelai dapat menjadi pengganti daging yang sangat baik karena kandungan yang dimiliki antara keduanya serupa sehingga tidak akan mengganggu fungsi yang diberikan.

8. Kacang merah

Kacang merah memiliki kandungan zinc, protein, serat, dan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan serta fungsi otak pada anak.

Cara kerja kacang merah ini yakni dengan mengubah sumber karbohidrat yang dimilikinya menjadi glukosa pada sistem pencernaan yang nantinya akan membantu dalam memberikan bahan bakar ke otak sehingga anak akan mendapatkan fokus yang lebih lama.

Fungsi otak seperti berpikir, pemecahan masalah, retensi memori, dan pembelajaran berkaitan erat dengan kadar glukosa darah dan seberapa efisien otak menggunakan sumber bahan bakar.

9. Cokelat

Kabar gembira untuk anak-anak yang menyukai coklat karena makanan ini dapat membantu dalam upaya meningkatkan kesehatan kognitif pada otak yakni melalui kandungan kakao yang dimilikinya.

Kakao yang mempunyai kandungan fitonutrien seperti flavonoid ini sangat dibutuhkan otak untuk memaksimalkan kinerjanya. Penelitian menunjukkan kandungan flavonoid pada kakao dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga menghasilkan peningkatan signifikan pada kondisi mental dan fokus seseorang.

Adapun kandungan lain yang dimiliki coklat yakni mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, zat besi, tembaga, dan seng. Mineral ini sangat diperlukan dalam mengoptimalkan fungsi otak, menjaga memori dan mendukung konduksi sel saraf. 

10. Buah beri

Beberapa jenis buah beri mempunyai kandungan sifat antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan otak, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Penelitian menunjukkan kandungan lain pada buah beri seperti antosianin dan sifat anti inflamasi membantu memperlancar aliran darah ke otak sehingga mampu meningkatkan konsentrasi serta kemampuan mengingat pada anak.

Berikut jenis buah beri yang dapat dikonsumsi:

1. Stroberi

2. Bluberi

3. Blackberry

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro