Tips Menghargai Diri Sendiri, Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental/Tyack Health
Relationship

Tips Menghargai Diri Sendiri, Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Redaksi
Jumat, 7 Juni 2024 - 11:33
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Banyak orang seringkali mengabaikan perasaannya demi menghargai orang lain. Apabila kondisi ini dibiarkan dalam jangka panjang, bisa berdampak buruk pada psikis.

Karena itu, setiap orang harus bisa menghargai diri sendiri agar kesehatan mental tetap terjaga. Misalnya, saat merasa sedih atau kecewa atas kegagalan, maka Anda harus menerima keadaan tersebut dengan lapang dada.

Dilansir dari wikihow.com dan declutterthemind.com, orang yang bisa menghargai dirinya dapat lebih mudah dihormati dalam lingkungan sosial. Selain itu, mereka juga mudah mencapai impiannya karena memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Namun, orang seringkali kesulitan menghargai dirinya disebabkan memiliki rasa trauma di masa lalu.

Jika Anda mengalami kondisi serupa, cobalah lakukan beberapa tips berikut untuk mewujudkan rasa menghargai diri sendiri.

Berikut Tips Menghargai Diri Sendiri

1. Tetapkan batasan

Anda dapat menghargai diri sendiri dengan cara menetapkan batasan pada hubungan sosial. Misalnya, jika ada teman mengajak pergi makan malam bersama pada hari senin, tetapi Anda tidak bisa karena kelelahan bekerja.

Maka, Anda dapat menolaknya dan memberikan opsi tanggal sebagai penggantinya. Tindakan ini dapat menunjukkan Anda masih menghargai undangan orang lain, tetapi juga bisa menghargai diri sendiri.

2. Maafkan diri sendiri

Jika Anda ingin menghargai diri sendiri, maka harus bisa memaafkan semua kesalahan yang pernah terjadi pada masa lalu. Apabila Anda terlalu keras pada diri sendiri karena mengambil keputusan yang salah.

Maka, Anda harus mengingat bahwa setiap orang di dunia pasti pernah melakukan kesalahan. Karena itu, wajib mengakui kesalahan yang telah dilakukan, jika perlu minta maaf kepada orang lain, dan berusahalah untuk bangkit dari keterpurukan.

3. Menerima diri sendiri

Orang seringkali merasa dirinya tidak memiliki kelebihan seperti orang lain. Misalnya, timbul perasaan rendah diri akibat fisik yang tidak sempurna atau membandingkan keahlian yang dimiliki. Tindakan negatif ini, hanya dapat menimbulkan perasaan benci terhadap diri sendiri.

Karena itu, Anda harus belajar untuk menerima segala kelebihan maupun kekurangan yang ada dalam diri. Mulai sekarang, cobalah tanamkan pikiran bahwa apa yang Anda miliki dan kuasai belum tentu orang lain dapatkan.

4. Mengontrol emosi

Orang yang tidak bisa mengelola emosi dengan baik cenderung selalu menyalahkan diri sendiri. Apabila kondisi ini dibiarkan dalam jangka panjang, dapat berdampak buruk pada kesehatan mental. Misalnya, kehilangan kontrol untuk melakukan kekerasan fisik terhadap diri sendiri.

Karena itu, Anda harus mempunyai manajemen emosi yang baik dengan mengelola pikiran menjadi lebih positif. Mulai sekarang, Anda bisa melakukan meditasi secara rutin sebagai upaya menurunkan risiko stres berlebihan yang memicu timbulnya pikiran negatif.

5. Berbicara positif pada diri sendiri

Banyak orang seringkali menghakimi diri sendiri dengan mengucapkan kalimat negatif, karena telah melakukan kesalahan. Tindakan ini bisa berdampak buruk pada psikis seseorang, seperti timbulnya perasaan benci terhadap diri sendiri.

Karena itu, Anda harus belajar memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri atas segala hal yang telah atau akan terjadi kedepannya meski dalam kondisi gagal sekalipun. Melalui ucapan positif ini, dapat menimbulkan perasaan cinta serta menghargai diri sendiri.

6. Merawat diri

Jika Anda ingin menghargai diri, maka harus bisa meluangkan waktu untuk memperhatikan dan merawat diri dengan baik. Mulai sekarang, cobalah untuk menjalani pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Karena, menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu bentuk menghargai diri sendiri.

7. Berikan waktu melakukan hobi

Orang seringkali merasa lelah mental maupun fisik karena terlalu fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Karena itu, mulai sekarang Anda wajib meluangkan waktu untuk melakukan hobi setiap minggunya. Misalnya, berkebun, memasak, olahraga, menulis, atau traveling. Kegiatan ini dapat membantu mengurangi stres berlebihan dan menciptakan kebahagiaan baru dalam hidup Anda. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro