Ilustrasi/kids-center.org
Fashion

Tips Diet: Ini Dia 8 Makanan Pengendali Nafsu Makan

Ana Noviani
Rabu, 17 September 2014 - 17:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi merupakan strategi yang banyak dilakukan orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Namun, rasa lapar sering membuat metode diet ini gagal dalam waktu singkat.

Ingin mengendalikan rasa lapar tanpa menghancurkan rencana diet?

Mungkin Anda harus mencoba mengonsumsi 8 makanan sehat yang dapat mengendalikan nafsu makan berikut, seperti dilansir oleh Health.com.

1. Apel
Mengonsumsi sebuah apel setengah jam sebelum waktu makan akan membuat Anda makan lebih sedikit. "Kandungan serat dan air dari apel akan mengenyangkan sehingga bisa menekan nafsu makan," ujar Presiden of Wellness Workdays Debra Wein.

2. Alpukat
Makan setengah buah alpukat dengan makan siang dapat membantu Anda merasa kenyang hingga sore hari. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasi Nutrition Journal, 22% perempuan lebih kenyang dan memiliki keinginan lebih rendah untuk mengonsumsi camilan.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti polong dan kacang merah sangat kaya protein, serat, zat antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan justru mengendalikan nafsu makan. Jurnal Obesit mengungkap 31% orang yang makan kacang-kacangan merasa lebih kenyang.

4. Acar
Acar, asinan kubis, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya memiliki rantai asam lemak yang pendek (SCFAs) yang merangsang produksi hormon yang mengatur sinyal nafsu makan. Makanan yang difermentasi juga memicu pertumbuhan probiotik--bakteri sehat yang membantu pencernaan. Beberapa ahli percaya probiotik dapat mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

5. Cabai bubuk
Senyawa capsaicin dalam cabai membantu memicu kerja metabolisme. Penelitian Maastricht University Belanda bahkan mengungkapkna makanan pedas dapat ikut mengontrol nafsu makan Anda. Seperempat sendok teh cabai bubuk dalam makanan dapat meningkatkan rasa kenyang.

6. Oatmeal
Menurut penelitian dalam Journal of American College of Nutrition, oatmeal akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal kaya akan serat dan protein. Kandungan beta glucan dalam oatmeal juga lebih tinggi. Senyawa ini membuat oatmeal makanan yang sehat bagi jantung, hidrasi, dan berat molekul dibandingkan sereal siap makan.

7. Air
Rendahnya kadar H2O dalam tubuh sering disalahartikan sebagai rasa lapar. Mengapa? Karena gejala kelaparan serupa dengan dehidrasi, yakni energi yang rendah, fungsi kognitif berkurang, dan suasana hati yang buruk. Jadi, saat hasrat ingin ngemil pada sore hari muncul, cobalah untuk meminum segelas air dan tunggu selama 10 menit. Bisa jadi rasa lapar Anda hilang dan tidak perlu menambah ratusan kalori.

8. whey protein
Susu whey-salah satu dari dua protein yang membentuk produk susu-mungkin jenis protein yang paling lengkap. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, orang yang minum whey protein makan 18% lebih sedikit. Gunakan bubuk protein whey untuk membuat smoothies buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Saeno
Sumber : www.health.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro