Popok bayi/howstuffworks.com
Fashion

Tips Cegah Gangguan Kulit karena Popok

Marta Fitria
Rabu, 10 Desember 2014 - 15:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ruam popok adalah kondisi peradangan atau gangguan kulit di daerah yang tertutup popok. Biasanya bagian yang terkena adalah area bokong anak yang mengalami iritasi, merah- merah, dan lecet.

Dokter spesialis anak Herbowo Soetomenggolo yang ditemui dalam acara Diskusi Kesehatan Anak Bersama Merries Good Skin, Selasa (9/12/2014) di Puskesmas Mekarwangi, Bogor, memberikan beberapa cara untuk mencegah ruam popok pada anak.

Berikut beberapa cara yang bisa diperhatikan orangtua untuk mencegah gangguan kulit pada anak karena popok.

1.Hindari popok plastik
Popok sekali pakai berbahan plastik menyebabkan udara di daerah yang tertutup popok tak bisa menguap dengan baik.

Akibatnya, area genital anak berkeringat dan bisa menimbulkan iritasi. Popok yang terbuat dari plastik bisa diketahui dengan cara meraba lapisan popok. Jika mengeluarkan bunyi, itu artinya popok terbuat dari plastik.

2. Ganti popok

Masih banyak orangtua yang sepanjang hari memakaikan popok pada anaknya dan jarang diganti. Padahal, popok harus selalu diganti secara rutin dan berkala.

Jika popok sudah terkena tinja atau urin, segera ganti popok tersebut agar area genital anak tidak terkena bakteri yang bisa membahayakan kesehatan. Untuk popok kain, bisa mencucinya dengan menggunakan pemutih.

3. Bersihkan area genital
Selalu bersihkan area genital secara perlahan-lahan, jangan terlalu keras dan kasar, karena kulit anak masih terlalu tipis dan sensitif.

Lakukan segera saat anak sedang BAB (buang air besar) dan BAK (buang air kecil). Bersihkan area genital dengan air mengalir bersih. Jika dalam keadaan terpaksa, bisa gunakan tisu basah yang bebas alkohol dan pewangi. Setelah itu, pastikan area genital bayi selalu dalam keadaan kering.

4. Jangan memakai bedak
Dalam kenyataan sehari-hari, biasanya para orangtua memberikan bedak, lotion, cream, dan baby oil pada kulit anak yang bermasalah.

Padahal itu tidak dianjurkan oleh praktisi kesehatan. Jangan memberi bedak pada area genital anak karena bedak bisa meningkatkan risiko kanker 10-30% bila masuk ke alat kelamin. Pencegahan dengan lotion/cream tidak salah, tapi kadang bisa menyebabkan alergi kulit.

5. Popok berkualitas baik
Orangtua harus bisa memilih dan menggunakan popok sekali pakai yang berkualitas baik, karena jika tidak tepat, bisa mengakibatkan gangguan kulit, seperti ruam, iritasi, biang keringat, hingga lecet pada kulit.

Popok berkualitas baik harus memiliki beberapa kriteria, seperti bahannya lembut, daya serap baik, tetap kering sehingga tidak lembab di dalam popok, dan tidak meninggalkan bekas kerutan pada pinggang. Jangan lupa pilih popok yang sesuai dengan ukuran anak, jangan terlalu longgar dan jangan terlalu sempit. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

 Seperti Ini Kondisi Puskesmas Percontohan di Bogor

 HERPES ZOSTER: Bisa Dicegah dengan Vaksinasi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marta Fitria
Editor : Nancy Junita
Sumber : Bisnis.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro