Popok bayi/howstuffworks.com
Health

Bahaya Klorin pada Popok Bayi, Bikin Iritasi hingga Picu Kanker

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 September 2023 - 19:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Klorin (Cl2) merupakan salah satu unsur kimia yang ada di bumi dan jarang dijumpai dalam bentuk bebas.

Pada umumnya klorin dijumpai dalam bentuk terikat dengan unsur atau senyawa lain membentuk garam natrium klorida (NaCl) atau dalam bentuk ion klorida di air laut.

Dikutip dari laman resmi Pemda DIY, dalam kehidupan manusia, klorin memegang peranan penting yaitu banyak benda-benda yang kita gunakan sehari-hari mengandung klorin seperti peralatan rumah tangga, alat-alat kesehatan, kertas, obat dan produk farmasi, pendingin, semprotan pembersih, pelarut, dan berbagai produk lainnya.

Klorin digunakan dalam berbagai industri untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia. Produk yang dihasilkan dengan menggabungkan klorin dengan hidrokarbon (produk klorinat-hidrokarbon) merupakan produk yang amat berguna.

Beberapa contoh penggunaan klorin adalah sebagai berikut :

Bidang Kesehatan klorin digunakan sebagai disinfektan pada pengolahan air minum.

Dalam industri tekstil, pulp dan kertas, fungsi klorin pada kedua industri tersebut adalah sebagai pemutih dan penghalus.

Di bidang Pertanian pestisida dari kelompok organoklorin merupakan pestisida yang mengandung klorin yaitu dikloro difenil trikloroetana (DDT), metokskhlor, aldrin dan dieldrin.

Pemakaian klorin dalam berbagai industri dapat dijumpai, misalnya pada produk yang berbahan dasar plastik, seperti poly vinyl chloride (PVC). Selain itu juga pada produk pelarut (solvent), dry cleaning, dan berbagai produk lainnya yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti lem, semen, dan pembungkus.

Klorin juga bahkan digunakan dalam popok bayi.

Popok atau diaper merupakan barang yang tak bisa lepas dari bayi, karena berfungsi untuk menahan feses dan urine si kecil yang bisa keluar setiap saat.

Masalahnya, belakangan beredar berita bahwa beberapa merek popok bayi yang ada di pasaran mengandung zat kimia berbahaya seperti pemutih atau lebih dikenal dengan nama klorin. Hal tersebut tentu sangat meresahkan.

Memang, dalam jumlah tertentu penggunaan klorin pada popok bayi sekali pakai kabarnya masih tergolong aman.

Meski demikian yang namanya zat kimia tentu tetap berbahaya, terlebih bila digunakan setiap hari dan bersentuhan langsung dengan kulit bayi.

dr. Ferdy Limawal, SpA, Dokter Spesialis Anak menegaskan bahwa popok bayi sekali pakai yang mengandung klorin sebaiknya memang dihindari, sebab bisa mengakibatkan iritasi dan ruam.

“Apalagi jika kandungan klorin-nya melebihi batas normal, tidak menutup kemungkinan dalam jangka waktu panjang bisa memicu timbulnya kanker lho,” terangnya.

Lebih lanjut, Dokter Ferdy menjelaskan gejala yang bisa dialami bayi ketika menggunakan popok sekali pakai yang mengandung klorin. “Umumnya akan timbul kemerahan pada area yang terpapar. Kulit mejadi bersisik, gatal hingga beruntusan. Hal tersebut terjadi karena kandungan klorin dapat membuat kulit terasa kering sehingga menyebabkan iritasi serta munculnya risiko alergi pada bayi,” lanjutnya.

Itu sebabnya, Dokter Ferdy mewanti-wanti agar para Mommies bisa lebih selektif saat memilih popok yang akan digunakan buah hati.

“Pastikan untuk memilih popok sekali pakai yang bebas dari zat kimia berbahaya seperti klorin ya. Akan lebih aman jika popok yang digunakan si kecil terbuat dari bahan organik,” tegasnya.

Zhi Alatas. Influencer sekaligus Ibu dari 3 orang anak yang mengaku cukup picky saat memilih popok sekali pakai untuk buah hatinya ini mengatakan, “Popok kan produk yang digunakan sehari-hari dalam waktu yang cukup lama, jadi aku harus pilih popok yang benar-benar aman dan bebas dari zat kimia berbahaya seperti Offspring Diaper. Apalagi anakku kulitnya cukup sensitif,” katanya.

Dia mengaku selektif dalam memilih popok, sehingga akhirnya memutuskan memakai popok bayi sekali pakai Offspring yang diklaim bebas dari klorin dengan kepemilikan Certified Non-Toxic, Dermatest Certified, dan Certified Allergy-Safe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro