Ilustrasi/Globalpost
Relationship

6 Alasan Karyawan Hebat Malah Tinggalkan Perusahaan

Andhina Wulandari
Rabu, 24 Desember 2014 - 10:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Seorang karyawan hebat merupakan aset penting bagi perusahaan. Sayangnya, tak semua pihak manajemen perusahaan menyadari hal itu, sehingga bisa menyebabkan karyawan akhirnya memilih untuk meninggalkan perusahaan.

Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Hubungan dengan atasan

Karyawan tidak harus bersahabat dengan atasan, tapi mereka membutuhkan hubungan. Artinya, hubungan dan komunikasi yang tidak berjalan baik antara karyawan dengan bosnya bisa menyebabkan karyawan tersebut mengundurkan diri. Karyawan membutuhkan arahan, timbal balik, kritikan membangun, serta penghargaan dari atasannya. Jika hal itu tak didapatnya, bisa saja mereka beralih ke perusahaan lain.

2. Tidak ada tantangan

Seorang karyawan yang hebat pastinya memiliki kemampuan di atas rata-rata pegawai yang lain. Untuk itu, dia ingin merasa dirinya ditantang dalam pekerjaan. Jika mereka mulai bosan dan merasa pekerjaan tidak memiliki tantangan baru, mereka pun tak segan-segan mengajukan resign.

3. Hubungan dengan rekan kerja

Karyawan memutuskan pergi dari perusahaan jika mereka merasa tidak dapat bekerjasama dengan sesama anggota tim. Supaya menghasilkan tim yang solid, maka diperlukan juga manajer atau pemimpin yang dapat menyatukan visi serta misi. Apabila salah satu anggota merasa diperlakukan tidak adil, maka bisa saja dia memutuskan untuk meninggalkan perusahaan.

4. Stabilitas perusahaan

Gaji yang terlambat, tidak ada bonus,  banyak karyawan yang keluar, nama buruk perusahaan, merger, atau PHK, merupakan beberapa ciri perusahaan yang tidak stabil. Jika seorang karyawan melihat perusahaan tidak stabil, terutama secara finansial, dia akan mencari perusahaan lainnya yang lebih stabil. Supaya karyawan hebat tidak kabur dari perusahaan, maka pihak manajemen harus bisa menyampaikan segala sesuatunya dengan transparan.

5. Budaya perusahaan

Sebuah budaya perusahaan yang kaku, tidak ada kedekatan antara manajemen dan karyawan, serta tidak adanya penghargaan bagi bawahan, bisa menyebabkan karyawan tidak betah. Para karyawan akan lebih menikmati suasana kerja di mana bisa berkomunikasi dengan transparan dan birokrasi antara bawahan serta atasan tidak menyulitkan.

6. Performa kerja tidak dihargai

Seorang karyawan hebat ingin dirinya diakui dalam setiap pekerjaan. Apabila keberhasilannya tidak diakui atau dihargai oleh pihak manajemen, maka dia akan lebih mudah untuk mengundurkan diri. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Tips Samarkan Lingkaran Hitam Pada Mata dengan Makeup

Kim Kardashian dan Kanye West Bintangi Iklan Terbaru Balmain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : About/Humanresources
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro