Ilustrasi/Youngandraw
Health

Penyebab dan Solusi Hidung Tersumbat

Reni Efita
Kamis, 21 Mei 2015 - 15:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Hidung tersumbat merupakan masalah kesehatan yang sering membuat seseorang merasa tak nyaman. Berikut ini adalah penyebab dan solusinya.

Masalah hidung tersumbat timbul akibat membrane mucus hidung yang membengkak yang disebabkan oleh rhinitis allergic atau flu dan bisa disebabkan antara lain oleh polusi udara.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan 5 kota besar di Indonesia, (Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar) dalam hasil pemantauan polusi udara 1.082 kota di 91 negara.

Angka polusi tersebut disusun berdasarkan laporan tahunan kadar partikel udara dalam udara yang disebut PM10. Eksposur pencemaran udara tersebut bisa menurunkan tingkat produktivitas dan kesehatan, termasuk kesehatan saluran pernapasan masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Dr. Tina Suksmasari, Medical Manager Bayer Consumer Care, mengatakan salah satu dampak gangguan pernapasan yang muncul adalah rhinitis allergic, sebuah diagnosa yang memiliki asosiasi dengan gejala-gejala yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Selain rhinitis alergic, katanya, polusi udara juga dapat menyebabkan flu, asma, bahkan memicu timbulnya sinus yang dapat membuat hidung tersumbat.
Polusi udara, kata Dr. Budi Haryanto, Peneliti Perubahan Iklim dan Kesehatan Lingkungan UI, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, tidak hanya terjadi ruang terbuka saja, juga di dalam ruangan.

"Hidung tersumbat merupakan reaksi dari mekanisme tubuh terhadap sesuatu yang masuk ke dalam hidung. Adanya lendir merupakan reaksi dari pertahanan tubuh. Semakin banyak lendirnya, dapat menyebabkan hidung tersumbat dan virus atau bakteri mudah tumbuh," kata Budi, Kamis (21/5/15).

Kalau sudah terjadi penyumbatan hidung, kata Budi, dapat diatasi dengan menggunakan obat. Namun yang penting, katanya, adalah pencegahannya.

Pencegahannya dengan mengatasi sumber polusi, atau memakai masker yang dapat menyaring partikel-partikel halus.

Di Indonesia, kata Tina pada acara Afrin Jaga Gaya Hidup Dinamis Masyarakat di Tengah Efek Polusi, Kamis (21/5/2015), penggunaan obat semprot untuk mengatasi hidung tersumbat masih belum populer.

Untuk itu, Bayer memperkenalkan Afrin, obat semprot untuk hidung tersumbat akibat flu, peradangan sinus, alergi saluran pernapasan bagian atas.

 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro