Anak Sakit/boldsky.com
Health

Mengenal Penyebab Dehidrasi Pada Anak

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 November 2016 - 10:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Apa Penyebab Dehidrasi Pada Anak? Dehidrasi pada anak-anak dapat menjadi fatal dan mematikan.

Kekurangan cairan pada anak-anak adalah penyakit yang serius dan mungkin fatal. Ini terjadi ketika anak kekurangan atau kehilangan cairan yang cukup banyak dalam tubuhnya, dan tidak dihidrasi dengan baik.

Balita dan anak-anak cenderung lebih mudah mengalami dehidrasi dibandingkan orang dewasa.

Mengapa dehidrasi berbahaya? Tubuh manusia terdiri dari lebih dari sembilan puluh lima persen air, agar kondisi ideal dan fungsi tubuh bisa bekerja sehat dan maksimal. Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, konsumsi air harus mencukup, termasuk juga konsumsi makanan yang mengandung banyak air.

Alasan yang paling khas untuk dehidrasi pada anak-anak adalah karena adanya penyakit, sering dalam bentuk mungkin infeksi virus, seperti rotavirus, atau mungkin infeksi bakteri, seperti e coli atau salmonella.

Ketika anak-anak sakit, mereka cenderung berhenti makan dan minum, yang artinya sama sekali tidak ada cairan yang masuk. Penyakit ini umumnya disertai dengan diare dan muntah, yang mengakibatkan menghilangnya cairan tubuh.

Jika kelebihan cairan yang hilang dari tubuh dan tidak diisi ulang pada tingkat yang sama, bisa berakibat dehidrasi

Alasan lainnya dehidrasi pada anak bisa disebabkan oleh adanya parasit dan panas yang berlebihan. Anak-anak dan bayi bisa mengalami dehidrasi sangat cepat, sehingga kebiasaan makan dan minum harus selalu dimonitor.

Jika anak-anak tidak makan atau minum selama lebih dari empat atau lima jam, mereka bisa mengalami dehidrasi. Apalagi jika ditambah aktivitas mereka berada di bawah sinar matahari atau mereka sangat aktif yang membuat keluarnya keringat berlebihan.

Cara terbaik untuk menghindari dehidrasi adalah minum air setiap hari. Jus dan makan mengandung air lainnya juga bisa mengembalikan cairan dalam tubuh Anda. Tapi, minum air putih adalah hal yang sangat penting

Jika seorang anak atau bayi mengalami dehidrasi, ia mungkin memerlukan pengobatan mendesak. Balita dengan dehidrasi sering diberikan penanganan berupa pemberikan bubuk elektrolit, dicampur dengan air, yang mengandung cairan, gula dan bahan kimia yang mengembalikan cairan dalam tubuh mereka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro