Olahraga lari/nytimes.com
Health

Kurang Bergerak dan Olahraga Picu Beragam Penyakit

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 9 Desember 2016 - 09:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Apakah Anda menjalani kehidupan di mana Anda hampir tidak berolahraga atau menggerakkan tubuh Anda?

Jika demikian, maka Anda tidak sendirian. Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup yang buruk ini. Hanya sedikit orang-orang yang menyadari konsekuensi memiliki gaya hidup yang buruk ini.

Kemudahan teknologi, berkembangnya gadget membuat orang dimudahkan dalam hidup dan cenderung malas bergerak. Hampir semua orang lebih suka bermain game di dalam rumah dan malas bermain di luar ruangan, berjalan atau bersepeda bagian dari kehidupan sehari-hari seseorang.

Ketika seorang individu hanya duduk dan tidak melakukan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari, otot-ototnya tidak lagi bisa digunakan dengan benar. Akibatnya ada sirkulasi darah dalam tubuh yang tidak berjalan dengan benar, pada gilirannya, dapat menyebabkan seluruh banyak masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan primer disebabkan sebagai akibat dari gaya hidup yang buruk antaralain obesitas, gangguan jantung, atrofi otot, diabetes mellitus, osteoporosis, kanker, tekanan darah tinggi, stroke dan sulit tidur.

Sedikit yang orang-orang memahami bahwa jika mereka melakukan beberapa jenis aktivitas fisik, mereka akan merasa segar kembali dan berenergi.

Penelitian telah menemukan bahwa sedikit gerakan dapat membantu memerangi masalah fungsi arteri dan aliran darah lancar.

Orang-orang yang suka beraktivitas dan juga olahraga juga dapat  membakar lebih banyak kalori daripada orang yang menjalani gaya hidup dan memiliki gerakan terbatas.

Orang yang memimpin gaya hidup yang kurang gerakan juga umumnya berumur pendek daripada yang rajin berolahraga.

Memiliki gaya hidup aktif dan sehat yang menggabungkan diet yang tepat dan latihan fisik dapat mengurangi potensi risiko penyakit tertentu. Bahkan latihan sederhana seperti berjalan atau berkebun bisa cukup besar dalam menjaga kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro