Pemeriksaan kanker payudara/webmd
Health

Ini Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Perempuan Berusia 30 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Senin, 6 Maret 2017 - 11:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menjadi seorang wanita tidak mudah. Anda pasti sudah mendengar ibumu mengatakan ini ketika Anda masih kecil.

Ucapan itu tidak akan Anda pahami setelah Anda merasakannya sendiri.

Mengurus keluarga dan rumah tangga menjadi prioritas pertama dari seorang wanita, dan dalam prosesnya ia cenderung mengabaikan kesehatannya.

Semakin bertambah usia, perempuan memang banyak mengalami masalah dan penurunan stamina. Apalagi, jelang menopause. Karenanya, perempuan harus menjaga kesehatan mereka secara serius.

Terkait hal tersebut, ada beberapa tes medis penting yang harus dijalani perempuan, terutama setelah menginak usia 30 tahun. Tes ini bisa menjadi langkah pertama mencegah masalah kesehatan yang serius di masa depan.

Wanita mengalami perubahan hormonal yang serius sejak masa pubertas hingga tahap menopause. Ketika mereka berada di masa subur, masalah akan lebih besar, terutama jika tidak ditangani secara benar.

Oleh karena itu, untuk mencegah masalah kesehatan, ada tes medis penting tertentu yang perlu dijalani oleh perempuan ketika berusia 30 tahun seperti berikut ini:

Tekanan darah

Perempuan harus rutin melakukan tes tekanan darah. Terutama jika mereka memiliki tekanan darah tinggi, maka mereka perlu menjalani ekokardiogram untuk memeriksa kesehatan jantung mereka, termasuk juga yang punya risiko mengalami masalah jantung.    

Tes kekuatan tulang

Tes ini dilakukan untuk mengetahui kandungan vitamin D dalam tubuh. Hal ini penting. karena kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang lemah dan wanita tersebut dapat berada pada risiko osteoporosis.    

Tes fungsi Thyroid

Salah satu masalah kesehatan yang paling umum yang dihadapi oleh perempuan hari ini adalah terkait dengan tiroid. Beberapa memiliki mungkin menderita hipotiroidisme dan beberapa memiliki mungkin menderita hipertiroidisme. Rasa sakit di kaki, tangan dan sendi bersama dengan pembengkakan di kaki adalah beberapa gejala umum hipo atau hipertiroid dan karenanya perempuan harus menjalani tes tiroid dilakukan secara teratur setelah usia 30 tahun.    

Diabetes

Diabetes semakin sangat umum hari ini. Terutama wanita yang mengalami obesitas dan hamil harus sangat berhati-hati dan mendapatkan tes setelah usia 30 tahun secara teratur, karena hal ini akan menyebabkan komplikasi pada kehamilan mereka ataupun sebaliknya.    

Mammogram

 Salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker payudara adalah dengan menjalani tes mammogram. Mammogram pada dasarnya dianjurkan setelah usia 40 tahun bagi perempuan, tetapi jika ada tanda-tanda atau risiko tersebut, maka lebih baik untuk menjalani tesnya di usia 30 tahun.

Pap Smear Test

Pap smear test adalah suatu keharusan bagi wanita setelah mereka berusia 30, karena hal ini membantu untuk mencegah risiko kanker serviks. Laporan menyatakan bahwa kanker serviks merupakan salah satu bentuk paling umum kanker pada wanita.    

Anemia

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum diamati pada wanita hari ini, terutama di usia subur mereka. Sebuah tes darah sederhana untuk anemia adalah suatu keharusan bagi wanita setelah mereka berpaling 30.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro