Sel kanker/Istimewa
Health

Berhubungan Intim Usia Muda, Berisiko 2 Kali Lebih Besar Sakit Kanker Serviks

JIBI
Sabtu, 3 Juni 2017 - 09:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer menyatakan perempuan yang melakukan hubungan seks di usia muda berisiko dua kali lebih besar terserang penyakit kanker serviks. Apa penyebabnya?

Di Inggirs, seorang perempuan tidak dapat mengikuti program screening dari NHS sebelum menginjak usia 25 tahun. Kanker serviks atau yang juga dikenal dengan nama kanker mulut rahim merupakan hal yang jarang terjadi di Inggris. Namun, 2007 lalu, 2.800 kasus kanker serviks terjadi di Inggris, itu sebabnya pemerintah di Inggris sangat ketat terhadap program screening tersebut.

Dr Silvia Francheschi, orang yang memimpin studi tersebut mengatakan perempuan yang melalukan hubungan seks di awal usia 20 tahun, berisiko terserang kanker serviks dibanding dengan mereka yang melakukannya di usia 25 tahun.

Dalam penelitian yang mereka lakukan, perempuan dengan keadaan ekonomi kurang baik cenderung melakukan hubungan seks 4 tahun lebih awal dari usia seharusnya. Faktornya banyak, misal dipaksa nikah oleh orang tuanya. Itu sebabnya, kebanyakan dari mereka terinfeksi virus HPV.

Virus HPV merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling umum. Virus tersebut menyebabkan tumbuhnya kutil di kelamin dan berbagai bagian tubuh lain.

"Mereka yang terinfeksi kerap tidak sadar, sehingga membuat virus dapat berkembang biak dan tumbuh di dalamnya. Risiko terserang kanker serviks pun lebih besar.” kata Dr Francheschi.

Di Inggris, perempuan berusia 25 hingga 49 tahun melakukan sedikitya 3 kali pengecekan untuk mengetahui ada tidaknya kanker atau virus lain yang hinggap di tubuhnya. Sementara perempuan berusia 50 hingga 64 tahun melakukan pengecekan sebanyak 5 kali dalam satu tahun.

Di sisi lain, Dr Lesley Walker mengatakan bahwa hasil penelitian Dr Francheschi itu seharusnya menyadarkan banyak pihak akan pentingnya vaksinasi. Vaksinasi untuk mencegah HPV itu seharusnya diberikan sejak usia dini.

"Bahkan jauh sebelum para perempuan melakukan hubungan seks, terutama bagi perempuan yang tinggal di daerah rawan,” kata Lesley. Ini tentu saja untuk mencegah munculnya kanker serviks.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro