Poster film Pai_Kau di IMDb/IMDb
Entertainment

Biasa Dengan Film Pendek, Sutradara Saleh Diuji di Film Pai Kau

Dika Irawan
Rabu, 17 Januari 2018 - 17:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sentuhan sutradara Sidi Saleh terbilang manjur di film pendek. Lewat film pendeknya Maryam dia sukses menggondol penghargaan di Venice Horizons Award di Festival Film Venice ke-71 2014. Kini kemampuan Sidi diuji ketika dipercaya mengarahkan film layar lebar berjudul Pai Kau.

Film ini terasa istimewa bagi Sidi karena debutnya menggarap film berdurasi panjang. Setelah melewati proses yang panjang, dimulai dari 2015 untuk penulisan naskah dan syuting pada 2016, film tersebut akan tayang pada 8 Februari mendatang.

“Saya tertantang untuk menangani film ini,” ujarnya dalam bincang-bincang di IFI Thamrin, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Sidi mengakui bahwa menggarap film panjang tidak semudah film pendek. Misalnya, dari sisi pemeran film panjang lebih banyak sehingga butuh pendekatan berbeda dalam mengarahkannya. Belum lagi tantangannya adalah bagaimana film ini dapat menarik untuk ditonton.

“Jadi saya bilang sulit [menggarap film panjang],” ujarnya.

Namun, kendala-kendala tersebut menjadi pengalaman penting untuknya. Pengalaman itu, menurutnya sangat berguna bagi kariernya di dunia perfilman. Bila pada film pendek dia cenderung masih mempertahankan egonya, di film lebar harus bisa lebih kompromi.

“Sesungguhnya menjadi pengalaman yang menarik,” ujar nominator Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2014 tersebut.

Film drama-suspense Pai Kau ini bercerita tentang cinta seigita. Dikisahkan di hari pernikahan Lucy (Irina Chiu), dan Edy Wijaya (Anthony Xie), datang seorang tamu wanita yang tidak diundang. Sesaat sebelum pemberkatan dilangsungkan, Lucy menemukan Edy dan wanita itu sedang berbincang di pojok Gereja.

Dia memperkenalkan dirinya sebagai Siska (Ineke Valentina), sepupu Edy yang datang dari luar kota. Kehadiran Siska menjadi sebuah ancaman, karena tak ada satu pun yang tahu bahwa Edy dan Siska pernah menjalin hubungan di masa lalu. Edy tidak mengerti apa tujuan Siksa tiba-tiba datang ke pernikahannya.

Saat menjelang resepsi pernikahan, Siska menyelinap masuk ke dalam gedung untuk menjalankan rencana pembalasan atas perlakuan Edy di masa lalu. Edy tak ingin Siska menghancurkan pernikahannya dengan Lucy. Hari pernikahan yang telah direncanakan dengan sempurna itu pun terpaksa harus berakhir dengan tragis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro