Ilustrasi gelombang panas atau heatwave. Dok BMKG
Health

Awas Gelombang Panas! Cegah Heatstroke Selama Ibadah Haji

Mutiara Nabila
Jumat, 10 Mei 2024 - 19:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jamaah haji Indonesia untuk kloter pertama akan segera diberangkatkan mulai akhir pekan ini, pada 12 Mei - 23 Mei 2024. Para jamaah diharapkan mempersiapkan diri untuk gelombang panas yang mungkin terjadi selama ibadah haji. 

Badan Meteorologi Dunia (WMO) menyebutkan, gelombang panas adalah fenomena di mana suhu pada siang hari meningkat melebihi suhu biasanya. 

Suhu saat gelombang panas umumnya naik rata-rata hingga 5 derajat celcius dari biasanya, dan terjadi tidak hanya satu hari, tapi bisa dua hingga lima hari berturut-turut. 

Gelombang panas bisa berdampak pada kesehatan, seperti dehidrasi dan heatstroke atau serangan panas. 

Epidemiolog Dicky Budiman mengimbau para jamaah haji untuk selalu mengecek prediksi cuaca dan mempersiapkan diri sebelum keberangkatan ke Tanah Suci. 

"Karena gelombang panas ini bisa cukup serius ancamannya kalau tidak di mitigasi dan ditingkatkan literasinya oleh jamaah haji. Oleh karena itu,  saya mengimbau jamaah haji untuk mempersiapkan dengan menjaga kesehatan dan menjaga dari cuaca panas saat melakukan aktivitas," ujarnya. 

Tips Menghadapi Gelombang Panas

Beberapa tips yang diberikan Dicky di antaranya adalah dengan memilih tempat teduh saat melakukan berbagai aktivitas. 

"Pilih aktivitas tempat teduh dan di waktu yang teduh juga untuk menghindari dampak dari suhu yang panas. Kemudian, banyak minum, sebanyak mungkin disesuaikan setiap setengah jam minum satu gelas air zam-zam," paparnya. 

Kemudian, pilihlah pakaian yang menyerap keringat, berbahan dingin, nyaman, dan tidak ketat. Jangan lupa pakai pelindung seperti topi atau payung saat beraktivitas. Sediakan pula semprotan air untuk disemprotkan ke kulit, wajah, atau kepala jika perlu. 

"Jika merasa badan mulai tidak enak, misalnya jadi pusing atau bingung, baiknya segera istirahat, hindari kerumunan, hindari tempat panas, dan segera kontak tenaga kesehatan," ujarnya. 

Gejala Heatstroke

Para jamaah haji juga perlu mengetahui gejala-gejala heatstroke atau serangan panas, agar bisa segera menghubungi tenaga medis apabila merasakan gejalanya, yang meliputi berikut ini:

1. Kebingungan

2. Perubahan status mental

3. Bicara cadel

4. Hilangnya kesadaran (pingsan)

5. Kulit panas dan kering atau berkeringat banyak

6. Kejang

7. Suhu tubuh sangat tinggi

Pencegahan dan penanganan serangan panas harus segera dilakukan jika terjadi gejala, karena bisa fatal jika pengobatan tertunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro