Ilustrasi/Ilham Nasabena
Entertainment

Selebgram Anak, Sekali Upload Dapat Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah

Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Semakin banyak orang yang mencoba peruntungan dengan menjadi influencer di berbagai media sosial, terutama Instagram. Tak hanya remaja atau orang dewasa, tapi anak-anak dan bayi pun kini bisa meraih hoki via aplikasi ini.

Ini bukan bisnis ecek-ecek, karena sekali mengunggah gambar dan endorse produk, pemilik akun bisa diganjar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Banyak orang tua yang memanfaatkan kelucuan buah hatinya yang masih bayi atau anak-anak untuk dijadikan selebgram, akronim selebritas Instagram.

Berbagai foto imut anak-anak atau bayi tersebut lantas mengundang pertumbuhan jumlah pengikut (followers) yang berujung pada peluang untuk menjadi endorser.

Semakin lama, ‘profesi’ bayi, balita, atau anak-anak yang menjadi selebgram terus bertambuh.

Beberapa yang sudah terkenal di luar anak artis a.l. Moonella Sunshine Jo, Olivia Manzano Reyes, dan Scarlet Snow Belo. Akun asli mareka pun sudah dikloning dan akun palsu itu ikut menikmati cuan sebagai endorser.

Moonella Sunshine Jo, gadis cilik berusia 3,5 tahun pemilik akun @babymoonella dengan lebih dari 960.000 pengikut. Ketika membuatkan akun, tak terlintas sekali pun di pikiran Merry Inggriany, ibu Moonella, bahwa sang buah hati akan menjadi seleb media sosial.

“Awalnya ini adalah bentuk keisengan saya dan suami yang senang sekali setelah kelahiran anak pertama kami. Jadi, kami sering mengunggah foto-foto anak kami di akun IG kami,” ujarnya.

Namun, lama kelamaan, terpikir olehnya untuk membuat akun IG Moonella ketika sang anak berumur 10 bulan. Pada awalnya, akun tersebut ditujukan sebagai diary yang mendokumentasikan kegiatan sehari-hari Moonella.

Seiring berjalannya waktu ternyata foto dan video Moonella yang diunggah banyak yang menyukai. “Banyak orang yang terinspirasi dengan konten yang kami unggah.”

Jumlah pengikut di akun Moonella pun bertambah dan akhirnya tawaran untuk tampil di berbagai acara TV dan endorse pun berdatangan dengan sendirinya.

Meski kadang ada yang nyinyir dengan aktivitas @babymonella, tapi Merry mengklaim hal seperti itu minor saja.

Cerita yang hampir sama datang dari Geraldo Sugianto, kakak dari Jonathan Sugianto yang lebih dikenal dengan nama Tatan di jagat maya. Dia mengelola akun media sosial adiknya, mulai unggahan sehari-hari sampai endorsement-nya.

Ketenaran Tatan pun dimulai dari keisengan sang kakak membuatkan akun Instagram untuk Tatan dan mengunggah video tingkah laku adiknya yang menggemaskan.

Tak disangka-sangka, ternyata video tersebut menjadi viral karena banyak di-repost oleh akun-akun lain di Instagram. Salah satu akun yang ikut mempopulerkan Tatan di dunia maya adalah akun selebritas Gisel Anastasia.

Meski tujuan awalnya adalah untuk mengabadikan momen perkembangan dan kelucuan sang adik, akun @jrsugianto saat ini jadi selebgram anak dengan jumlah pengikut terbanyak di Indonesa, yakni 3,4 juta.

Dalam mengelola akun dengan jumlah pengikut sebanyak itu, Gerald mengatakan kerap kali harus berhadapan dengan warga net yang bersikap kurang menyenangkan. Komentar mereka sering kali menghakimi akun Tatan adalah bentuk eksploitasi anak.

Meski ada sebagian kalangan yang mengkritik seperti demikian, tak sedikit pula warga net yang justru merasa terhibur dan mengapresiasi akun Tatan. Bagi Gerald, apresiasi itu jadi kegembiraan tersendiri mengelola akun tatan karena bisa membagikan kebahagiaan kepada sesama.

Selebrgam lain adalah Saufa Adzkia Rahman, balita yang kini menginjak usia 4. Saufa terkenal dengan tampilan unik, memakai hijab sejak masih 4 bulan.

Ibunda Erlyn Saufa mengaku tak pernah sama sekali berpikir anaknya bisa menjadi selebgram seperti sekarang. Awal mulanya dia membuatkan akun Saufa juga didorong oleh kegalauannya ketika hendak melahirkan Saufa secara sesar. Sambil menunggu, Erlyn iseng membuatkan akun tersebut.

Hampir semua perjalanan kehidupan pribadi Saufa bebas diakses oleh publik. Dari mulai kelucuannya potong rambut pertama kali sampai bicara pertama kali. Erlyn mengaku, Instagram memang jadi platform untuk menaruh album kenangan tentang Saufa yang bisa dibuka kapan saja, termasuk saat Saufa sudah dewasa nanti.

Seperti selayaknya selebgram lain, ketenarannya juga menghasilkan kerja sama dalam bentuk endorsement. Saat ini Erlyn mengaku memasang tarif sebesar Rp400.000--Rp750.000 untuk satu kali unggahan berbentuk endorsement.

Uang yang didapatnya dari sana, digunakan sebagai tabungan Saufa sendiri. Selain itu, sebagian dari penghasilan sang anak juga digunakan untuk membantu sesama dengan menyumbangkannya ke panti asuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro