Ilustrasi film/Dribbble
Entertainment

Benarkah Indonesia Kekurangan Talenta Pemeran Film?

Dika Irawan
Rabu, 4 April 2018 - 06:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perfilman Indonesia seolah kekurangan talenta. Beberapa film laris dibintangi oleh pemeran yang itu-itu saja. Benarkah demikian?

Ketua Umum Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi) Fauzan Zidni mengatakan, sebenarnya tiap tahun ada ratusan judul film Indonesia yang diproduksi. Satu aktor atau aktris biasanya maksimal membintangi tiga judul film. Dalam pengamatannya kebetulan saja film-film laris didominasi oleh beberapa orang aktor. Padahal, ujarnya, film Indonesia ada banyak bukan film laris saja.

“Sebetulnya Indonesia memiliki banyak talenta sehingga tidak bisa dibilang pemainnya itu-itu saja,” ujarnya, Selasa (3/4/2018).

Namun, Fauzan mengakui regenerasi ini memang menghadapi beberapa persoalan mendasar. Di Indonesia itu, menurutnya tidak memiliki sekolah akting formal seperti di Amerika Serikat. Sementara sekolah akting informal jumlahnya tidak banyak. Dia berharap terkait hal ini dari pemerintah dan swasta untuk membuka sekolah akting formal.

Selain itu, lanjutnya, di Indonesia kekurangan film-film anak. Menurut Fauzan tak sedikit pemeran-pemeran film mengawali kariernya dari film anak. Jika makin banyak film anak yang diproduksi, maka peluang muncul talenta-talenta baru begitu terbuka.

“Jadi kita perlu film-film anak untuk memunculkan talenta-talenta baru.”

Meski begitu, menariknya dalam beberapa tahun belakangan ada kecenderungan talenta-talenta dipasok dari kalangan komika standup comedy. Banyak dari mereka yang terjun ke dunia layar lebar. Tidak cuma sebagai pemeran tetapi juga bidang lain seperti sutradara dan produser. Hal itu memberikan warna tersendiri bagi perfilman Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro