Ilustrasi/Cambridgeinternational
Relationship

6 Teknik Agar Sukses Berbicara di Depan Umum

Tika Anggreni Purba
Jumat, 7 Desember 2018 - 04:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Saat bekerja atau dalam kehidupan sehari-hari kita sering diminta untuk berbicara di depan umum, misalnya untuk presentasi, memberikan kata sambutan, atau memberikan ucapan selamat.

Tidak semua orang mampu menyampaikan pesannya dengan baik karena tidak mengetahui teknik berbicara di depan umum. Berikut ini 6 teknik berbicara di depan umum dikutip dari Lifehack.org:

1. Kuasai seluruh audiens

Coba perhatikan para penyanyi saat konser, apa yang pertama kali mereka sampaikan saat tampil di panggung? Umumnya mereka menyapa seluruh penonton dan menatap mereka semua.

Jangan hanya mengucapkan salam atau menyampaikan presentasi kepada satu bagian audiens saja. Buat semua audiens merasa terhubung dengan Anda secara personal. Gunakan kata-kata pengantar yang membuat audiens Anda merasa dihargai dan diperhatikan oleh Anda.

2. Kuasai emosi audiens

Pembicara yang baik akan berusaha mengenali emosi audiens terhadap topik yang dibicarakannya. Cara untuk menggali emosi ini adalah dengan memaparkan paparan Anda dengan gambar, ilustrasi, cerita, atau video yang dapat menarik perhatian mereka.

3. Ulangi hal yang penting

Anda tentu ingin agar pesan yang Anda bicarakan sampai pada audiens dengan baik. Oleh karena itu, cobalah untuk mengulang poin-poin penting yang perlu diingat oleh audiens dengan mengulangi kalimatnya di tengah atau di akhir. Dengan mengulanginya beberapa kali, audiens akan menyadari poin dari pesan Anda.

4.  Hubungkan topik Anda dengan motivasi yang dimiliki audiens

Setelah audiens Anda tertarik dengan sebuah topik, coba diskusikan motivasi mereka datang ke sebuah acara tersebut secara spesifik. Hal ini akan membuat audiens Anda merasa terlibat dengan pembicaraan Anda.

5.  Hibur audiens

Audiens akan merasa lebih dekat dan bersahabat dengan Anda ketika presentasi atau pembicaraan Anda mengandung ilustrasi lucu, humor, atau anekdot. Sisipkan humor ketika berbicara di depan umum agar audiesn merasa lebih rileks dan tidak kaku.

6.  Ceritakan pada mereka tentang manfaat dari apa yang Anda bicarakan

Pada awal presentasi Anda, ceritakan pada audiens apa yang akan mereka dapatkan dari apa yang Anda bicarakan. Jangan berharap mereka mau mendengar Anda dengan baik apabila Anda tidak memberikan arahan yang jelas. Ketika mereka tahu apa yang akan mereka dengar, umumnya mereka ingin lebih terlibat dan tidak mengabaikan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro