BBJ putar 7 film Liz Taylor

News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Juli 2011  |  05:04 WIB

JAKARTA: Bentara Budaya Jakarta (BBJ) memutar tujuh film Elizabeth Taylor mulai hari ini 22 Juli sampai besok 23 Juli 2011.

Ketujuh film itu adalah National Velvet, Giant, Elizabeth Taylors Story,Cat on a Hot Thin Roof, Butterfield 8,Cleopatra, dan Whos Afraid of Virginia Woolf.

Elizabeth Rosemond Taylor dilahirkan di London pada 27 Februari 1932. Kedua orangtuanya adalah warga Amerika. Ayahnya adalah pedagang lukisan yang ditugaskan mengelola galeri lukisan di London, sedang ibunya adalah pemain drama. Liz Taylor tinggal di London hingga usia tujuh tahun, sebelum pindah ke Los Angeles.

Pemutaran film itu untuk mengenang kepergian Liz Taylor, yaitu enam film yang dibintanginya secara retrospektif dan satu film dokumenter tentang tentang dirinya.

Film pertama adalah National Velvet (124 menit), yang mengisahkan persahabatan seorang gadis cilik yang diperankan Liz dengan kuda bernama Velvet. Gara-gara main film itu, dia sempat terjatuh dari kuda dan Liz Taylor terus mengalami masalah dengan bekas cedera di pinggangnya hingga hari tua.

Film kedua, Giant (210 menit), adalah sebuah film drama yang dibintanginya bersama Rock Hudson dan James Dean. Film ketiga, Cat on a Hot Thin Roof produksi 1958 (108 menit) dibuat berdasarkan naskah drama Tennessee Williams yang memenangi Hadiah Pulitzer.

Film tentang drama perkawinan ini diperankan Paul Newman dan Liz Taylor yang dalam kehidupan riel sedang berkabung karena suami ketiganya, Michael Todd tewas dalam kecelakaan pesawat terbang.

Film keempat, Butterfield 8 produksi 1960 (108 menit), menghantar Liz Taylor meraih Oscar pertamanya sebagai aktris terbaik.

Film drama romantik ini dimainkannya bersama suami keempatnya, Edddie Fisher. Film kelima, Cleopatra (1963, 246 menit), sebuah film kolosal/epik sejarah yang menghabiskan dana US$60 juta dan dibuat di Inggris dan Amerika. Liz Taylor sempat kolaps dan nyaris meninggal di tengah pembuatan film di Inggris karena sakit akibat cederanya dahulu.

Film ini dibintanginya bersama Richard Burton, yang kemudian menjadi suami kelima Liz Taylor (sempat cerai, lalu menikah lagi dan cerai lagi).

Film keenam, Whos Afraid of Virginia Woolf produksi 1966 (150 menit), adalah sebuah film drama perkawinan yang juga dimainkan bersama Richard Burton. Liz Taylor kembali meraih Oscar sebagai aktris terbaik. Untuk membahas pribadi Liz Taylor yang kompleks, disajikan film dokumenter The Elizabeth Taylor Story produksi 2011 (86 menit) dan diskusi bersama pengamat film Ronny P. Tjandra. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top