Relationship

Virus Hepatitis A merebak, waspada makan bersama dalam satu wadah

Adhitya Noviardi
Minggu, 13 November 2011 - 08:51
Bagikan

JAKARTA: Waspadai makan bersama dalam satu wadah, karena ditengarai bisa menularkan virus hepatitis A yang beberapa hari terakhir ini banyak menyerang pelajar di Depok, Jawa Barat.

 

"Makan bersama dalam satu wadah bisa menularkan virus hepatitis A, kalau mereka yang makan ada yang menderita penyakit hepatitis A, dan peserta lainnya tidak memiliki daya tahan tubuh yang bagus dan tidak higienis," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Minggu pagi ini, di sela-sela acara jalan santai bersama Lemhanas dan Alumni UI di Jakarta.

 

Menkes menuturkan penularan penyakit lewat makan dalam satu wadah tersebut, bisa terjadi karena tangan penderita hepatitis A yang juga ikut makan, ikut menyomot makanan di wadah tersebut, dimana tangannya sudah terkena ludahnya ketika dia menyuap ke mulut.

 

"Ludah yang menempel di tangan tersebut kembali memegang makanan yang ada di wadah. Kemudian makanan tersebut juga dicomot oleh peserta lainnya, sehingga bisa tertular kalau daya tahan tubuhnya tidak bagus," ungkap Endang.

 

Untuk itu Menkes mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai berbagai penyakit yang saat ini mulai merebak, dengan menjaga kebersihan diri, membiasakan dengan mencuci tangan pakai sabun, dan istriharat yang cukup.

 

Seperti diketahui pekan lalu merebak kasus  virus hepatitis A di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Depok, yang menimpa sebanyak 90 siswa. Mereka terserang penularan hepatitis A, yang diperkirakan melalui makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Adhitya Noviardi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro