Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LADY GAGA sudah sampai Bangkok, jadi gak sih ke Jakarta?

PENYANYI PALING kontroversial saat ini Lady Gaga sudah sampai di Bangkok setelah sebelumnya menggelar konser di Filipina.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Mei 2012  |  12:09 WIB

PENYANYI PALING kontroversial saat ini Lady Gaga sudah sampai di Bangkok setelah sebelumnya menggelar konser di Filipina.

 

Kedatangan Lady Gaga di Bangkok bertepatan setahun albumnya Born This Way. Konser Lady Gaga di Bangkok akan digelar besok, Jumat 25 Mei 2-12, di Rajamangala National Stadium.

 

Di akun twitter-nya, sekitar 16 jam lalu, Lady Gaga menulis, “"Saya baru mendarat di Bangkok! Siap untuk membikin 50.000 Thai monster [sebutan untuk penggemarnya] berteriak. Saya mau tersesat di pasar malam dan membeli Rolex palsu."

 

Entah ada hubungannya dengan kontroversi di Jakarta, seperti ditulis beberapa media online, Lady Gaga tiba di Don Muang Airport mengenakan gaun yang tertutup.

 

Rencana konser Lady Gaga di Jakarta pada 3 Juni 2012 memang masih tidak jelas, apakah diizinkan atau tidak oleh aparat keamanan. Polemik menyangkut pelaksanaan pertunjukan yang merupakan bagian dari tur Born This Way Ball itu terus saja berlangsung di dalam negeri.

 

Belakangan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menolak konser penyanyi pop berusia 26 tahun itu karena dinilai bisa menimbulkan demoralisasi anak bangsa.

 

Apalagi, kata Wakil Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh, Big Daddy sebagai promotor mendorong pelajar menonton konser itu dengan pemberian insentif khusus berupa kelonggaran dan kemudahan memperoleh tiket pertunjukan.

 

"Yang saya ketahui, promotor pertunjukan melalui media relation-nya menegaskan, pembelian tiket untuk pelajar boleh dicicil setengah harga. Ini jelas demoralisasi anak bangsa," katanya seperti ditulis Antara.

 

Dia mengemukakan saat ini fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak anak sekolah yang harus drop out, bahkan untuk sekadar memperoleh makan saja susah, namun justru diiming-imingi kehidupan yang hedonis.

 

"Alih-alih memberikan hiburan justru menjerumuskan anak pada budaya hedonis. Ini bertentangan dengan perlindungan anak yang kita bangun," kata komisioner KPAI yang juga membidangi urusan budaya tersebut.

 

Penolakan atas kehadiran Lady Gaga sejak semula sudah disuarakan oleh beberpa organisasi massa berasaskan Islam seperti Front Pembela Islam (FPI), Front Umat Islam (FUI), Majelis Mujahiddin Indonesia (MMI).

 

Kesimpangsiuran informasi mengenai konser Lady Gaga juga terlihat dari pernyataan para petinggi kepolisian dan pejabat negara.

 

Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya awalnya sudah secara tegas menyatakan mereka menolak memberikan izin untuk konser Lady Gaga.

 

Namun, di tingkat yang lebih tinggi, Menko bidang Polhukkam Djoko Suyanto menyatakan bahwa Lady Gaga boleh saja menggelar konser di Jakarta dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Artinya, Lady Gaga belum 100% ditolak kehadirannya.

 

Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) menyatakan bahwa hingga saat ini promotor Lady Gaga di Indonesia belum melengkapi persyaratan untuk melaksanakan konser.

 

"Kalau dari pemantauan kami, belum ada pelengkapan syarat-syarat oleh promotor, antara lain dari Dinas Pariwisata Daerah belum ada, kepastian dari pihak pengelola gedung Gelora Bung Karno juga belum ada," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar seperti ditulis Antara, Rabu 23 Mei 2012. 

Sementara itu,  pihak promotor Big Daddy telah mengajukan permohonan perizinan konser Lady Gaga kepada Polda Metro Jaya sejak 4 Mei 2012.

 

Demi terlaksananya konser, promotor berupaya mengadaptasi konsep musik penyanyi asal Amerika Serikat itu dengan faktor sosial budaya masyarakat Indonesia.

 

Lalu, kapan kepastian izin atau penolakan konser Lady Gaga akan didapat?

 

"Kami menunggu kepastian perizinan konser keluar atau tidak sesuai aturan pada H-1, yaitu pada 2 Juni 2012," kata pengacara Big Daddy yang menjadi promotor konser Lady Gaga, Minola Sebayang, di Markas Polda Metro Jaya, Selasa.

Terkait dengan rencana konsernya di Jakarta, Lady Gaga juga sudah menyampaikan pendapat melalui akun twitter pribadinya.

 

"Saya lihat situasi di Jakarta ada dua hal. Pertama pemerintah Indonesia menuntut saya untuk menyensor acara, dan ekstremis agama secara terpisah memberi ancaman kekerasan," ujarnya melalaui akun @ladygaga.

 

Jadi sebenarnya jadi gak sih konser Lady Gaga?

 

 

 

BACA JUGA:

 > KURS VALAS: Ada Spekulasi Rencana Baru, Euro Terbenam Ke Level Terendah 22 Bulan

 >  WALL STREET: Ada Optimisme Baru, S&P 500 +0,2%, Tapi Dow Jones Masih -0,1%

 > HARGA MINYAK: Stok AS Tertinggi Dalam 22 Tahun, Minyak Longsor Ke Bawah US$90!

 

READ ALSO:

 > MARKET MOVING: Toll Road Operators’ Profits Up 21%

 > BANK MANDIRI Keeps Indonesia's Growth Economic Projections

 > Dirgantara Indonesia To Produce Aircraft Tail For Sukhoi

Berita Paling Banyak Diakses Pembaca

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sutan Eries Adlin

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top