Relationship

TIPS JINAKKAN STRES: Yuk Ikut Menari Dalam Kehidupan

Adhitya Noviardi
Rabu, 19 Desember 2012 - 11:46
Bagikan

JAKARTA-Kehidupan kota metropolitan yang serba sibuk, banyak tuntutan dan tekanan, serta pekerjaan yang menumpuk, membuat seseorang mudah dihinggapi stres hingga jadi depresi.

 

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mengantisipasi dan menjauhkan stres dari kehidupannya, mulai dari kegiatan olahraga, mengatur pola makan, mengengarkan musik, yoga dan bahkan meditasi.

 

Setumpuk tuntutan dan tekanan yang diterima baik dari lingkungan maupun pekerjaan membuat kita terlebih anak-anak sulit mengekspresikan diri dan jadi lebih mudah stres.

 

Kini ada satu lagi kegiatan baru yang diperkenalkan oleh School of Empathy (SOE) yakni dengan tanzpro biodanza (menari dalam kehidupan). Biodanza yang disebut juga dengan dance of life adalah salah satu teknik intervensi terbaru dari ilmu psikologi, yang ditemukan oleh Rolando Toro dari Chile.

 

Direktur Representative School of Empathy Indonesia Rustika Thamrin menuturkan teknik intervensi biodanza adalah pendekatan yang unik, karena mengutamakan ekspresi diri dan auto regulasi dengan menggabungkan berbagai kekuatan antara lain kekuatan musik, gerak dan tari, serta kekuatan interaksi kelompok.

 

Dia menuturkan dalam kegiatan biodanza ini, ada beberapa orang berkumpul di dalam satu ruangan dan melakukan berbagai gerakan seperti tarian, berjalan, serta berlari yang menyenangkan, sehingga bisa membuat peserta menjadi lebih rileks. Bahkan seperti kembali ke masa anak-anak yang sedang bermain gembira ria.

 

“Melalui aktivitas fisik yang menyenangkan membuat peserta lebih merasa bahagia. Pendekatan ini akan membuat orang lebih mudah mengekspresikan dirinya, sehingga bisa mencegah stres,” ungkap Rustika.

 

Dia menjelaskan program SOE dirancang oleh Prof.  Marcus Stueck dari University of Leipzig, Jerman. (yus) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro