Show

HUT JAKARTA : Jay Gelar Kolosal Tari Ariah di Monas

Reni Efita
Kamis, 9 Mei 2013 - 01:31
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-- Setelah sukses dengan pagelaran kolosal Matah Ati  di Singapura pada 2010, tahun ini Jay Soebiayakto  kembali berkolaborasi dengan produser Atilah Soeryadjaya untuk  menggelar kolosal tari  Ariah.

Berbeda dengan Matah Ati yang mengangkat seni budaya Jawa, Ariah  justru terinspirasi dari kesenian Betawi dan merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun kota Jakarta ke-486 pada Juni.

 Ariah akan digelar di lapangan ikon kota Jakarta, Monas. Monas mempunyai nilai sakral tidak hanya bagi kota Jakarta, tapi juga Indonesia. "Monas adalah penanda keberadaan yang berdasarkan keseimbangan (lingga dan yoni), keselarasan, dan keteguhan bangsa," kata Jay dalam rilisnya.

Tugu Monumen Nasional memang mempunyai arti semangat perjuangan rakyat Indonesia akan kemerdekaan, ditandai dengan bentuk api yang berada di puncak tugu.

Ariah adalah kisah perjuangan seorang perempuan Betawi untuk mempertahankan martabat dan kehormatannya.

Setting  pada kisah Ariah  adalah Jakarta yang saat itu Batavia di akhir  1860-an, bertepatan dengan terjadinya pemberontakan petani tambun pada penindasan pemerintah kolonial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro