Fashion

FESYEN EKSEKUTIF: Tips Pilih Dasi

Linda Teti Silitonga
Sabtu, 18 Mei 2013 - 09:19
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA— Dasi merupakan aksesoris yang  terkait erat dengan penampilan para eksekutif, teruatama kalangan pria.

Perancang Busana Musa Widyatmodjo mengatakan jika kalangan pria ingin tampil secara formal,  maka  pilihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan dasi pada kemejanya.

 “Dasi menyempurnakan penampilan dan memberi kesan formal,” kata Musa.

Sebagai aksesoris yang melekat bagi kalangan pria, tidak  berlebihan jika Musa mengingatkan kaum laki-laki agar berusaha menggunakan dasi dengan cara yang baik dan menarik.

Penasehat Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu mengatakan agar kalangan pria memiliki koleksi  warna dasi yang bisa dipilih dalam berbagai penampilan.

 “Untuk koleksi warna dasi, tergantung seseorang menyukai warna apa. Biasanya koleksi warna busana, sesuai dengan selera pemakainya,” kata Musa.

Musa mengatakan syarat utama dalam menggunakan dasi adalah  menggunakan kemeja yang bisa dikancing kerahnya, sehingga mendapatkan penampilan akhir yang rapi, seperti kesan formal yang ingin disampaikan

 “Kalau ada yang pakai dasi kerahnya tak dikancing, lengan kemeja digulung, artinya tengah beristirahat. Begitu juga saat dasi dimasukkan ke saku kemeja, diselempangkan ke belakang,” kata Musa. 

Tips memilih dasi:

o. Sesuai kebutuhan

Acara resmi menggunakan  dasi dengan motif kecil, geometris. Jika  tidak terlalu resmi bisa menggunakan dasi motif besar. Bisa memilih dasi yang berkilau dan lebih lebar ukurannya untuk ke pesta.

 o. Sesuaikan Badan

Bagi kalangan pria yang memiliki tubuh besar sebaiknya menggunakan dasi yang lebar pula. Sebaliknya yang memiliki tubuh kecil, menggunakan dasi dengan ukuran kecil, agar tampil proposional.

 o. Latih Menggunakan

Terus melatih cara menggunakan dasi, antara lain dengan melihatnya dari Internet atau buku.

 o. Warna dasi

Pilih yang senada dengan kemeja dan celana panjang yang digunakan, sehingga penampilan menjadi seimbang. (ltc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro