Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KANKER PROSTAT Jadi Momok Kaum Pria

BISNIS.COM, MAKASSAR—Risiko kanker prostat jadi momok menakutkan bagi pria, terutama mereka yang berusia di atas 50 tahun. Karena itu, waspadalah bila kelenjar yang berperan dalam sistem reprosduksi laki-laki (prostat) tidak berfungsi dengan baik.
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 10 Juni 2013  |  16:28 WIB

BISNIS.COM, MAKASSAR—Risiko kanker prostat jadi momok menakutkan bagi pria, terutama mereka yang berusia di atas 50 tahun. Karena itu, waspadalah bila kelenjar yang berperan dalam sistem reprosduksi laki-laki (prostat) tidak berfungsi dengan baik.

Menurut dokter spesialis urologi Siloam Hospital Makassar Abdul Azis beberapa gejala bisa saja muncul sampai akhirnya seseorang terdeteksi menderita kanker prostat.

Misalnya, bila mengalami rasa sakit nyeri di sekitar kelamin, kesulitan buang air kecil (terlalu sering kencing), dan disfungsi ereksi.

Bahkan, pada stadium lanjut, penderita bisa mengalami nyeri di punggung bahkan sampai gangguan syaraf seperti lumpuh.

"Kanker prostat bukan penyakit turunan. Tetapi jika ada riwayat keluarga yang kena kanker prostat, ada risiko yang lebih besar juga terkena kanker yang sama," katanya hari ini, Senin (10/6/2013).

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita kanker prostat atau tidak, perlu dilakukan tes, seperti tes prostate specific antigen (PSA). Tes ini bisa diketegorikan sebagai penanda biologis bila ada potensi kanker prostat.

Melalui tes PSA, dokter akan mengetahui tingkat protein dalam pembuluh darah prostat. Siloam Hospital Makassar sendiri tengah mengadakan paket khusus dengan harga Rp450.000 yang meliputi konsultasi dokter urologi, USG, Uroflowmetri dan PSA.

Tes PSA sendiri dianjurkan bagi pria yang telah berusia 50 tahun ke atas, walaupun kenyataanya kanker prostat juga membayangi pria dengan sistem reproduksi matang (usia dewasa). 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker prostat
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top