Travel

Gili Trawangan Termurah No. 3 di Asia Tenggara

Dewi Andriani
Sabtu, 12 Oktober 2013 - 07:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda yang tengah merencanakan liburan, tetapi masih bingung dengan anggaran yang harus dikeluarkan?

TripAdvisor situs perjalanan dunia telah merilis perbandingan biaya wisata 1 malam untuk dua orang di 20 pulau-pulau tujuan wisata paling dicari di Asia Tenggara.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Indonesia pun memiliki berbagai pulau indah dengan anggaran berlibur yang sangat terjangkau, salah satunya, Gili Trawangan yang menempati urutan ketiga dengan biaya terjangkau berdasarkan TripIndexIsland Sun Trip Advisor

Untuk melancong ke pulau indah di Lombok tersebut, wisatawan hanya perlu menyiapkan dana  Rp2,93 juta untuk dua orang per malam.

Selain itu, Indonesia masih memiliki tiga pulau lainnya yang masuk dalam 10 besar lokasi wisata dengan harga terjangkau, antara lain Pulau Batam dengan total biaya TripIndex Rp3,93 juta per malam yang menempati urutan kelima

Disusul oleh Pulau Bali dimana traveller harus menyiapkan dana Rp3,46 juta untuk berlibur, sementata pulau Bintan di Kepulauan Riau menempati urutan kesepuluh dengan total biaya liburan Rp4 juta.

Spokesperson TripAdvisor Jean Ow-Yeong mengatakan anggaran tersebut dihitung berdasarkan jumlah biaya total untuk dua orang yang menginap di hotel bintang empat.

Termasuk makan dengan dua hidangan dan minuman kelapa muda, bir, pijat serta sewa sepeda dan peralatan selam. Biaya yang dikumpulkan akurat untuk periode waktu 16 September – 3 Oktober 2013.

“Menyambut musim liburan akhir tahun, TripIndexIsland Sun membantu wisatawan mengetahui apa yang terbaik mereka dapatkan dengan uang yang mereka miliki,” ucapnya, dalam rilis yang diterima Bisnis.

Sementara itu, pulau yang paling terjangkau untuk wisatawan berdasarkan data tersebut ialah Koh Phangan di Thailand dengan total biaya TripIndex sebesar Rp2,65 juta.

Adapun pulau dengan biaya paling mahal ditempati oleh Sentosa Island di Singapura. Wisatawan yang ingin berlibur ke pulau buatan tersebut harus merogoh kocek hingga Rp9,7 juta selama satu hari satu malam untuk dua orang, diikuti oleh Langkawi Malaysia, dengan total biaya sebesar Rp 6.3 juta.

Menurutnya, pemicu terbesar dari biaya-biaya tersebut adalah harga hotel diikuti dengan pijat untuk dua orang. "Biaya hotel meningkatkan jumlah biaya tapi penyewaan sepeda dan peralatan selam merupakan pembeda terbesar," ujarnya.

Rata-rata harga kamar yang termurah berada di Penang Malaysia (Rp 1,42 juta), sedangkan yang paling mahal, hampir tiga kali lipatnya ada di Palawan, Filipina dengan biaya Rp 3,84 juta per malam.

Walaupun Sentosa Island di Singapura adalah pulau yang paling mahal di wilayah ini, dengan biaya tertinggi untuk semua kategori kecuali biaya hotel, Malaysia memiliki empat pulau dalam daftar destinasi wisata pulau termahal di Asia Tenggara.

TripIndexIsland Sun 2013 menganalisa tujuan wisata pulau-pulau utama di Asia Tenggara. Daftar pulau-pulau tersebut dikumpulkan dengan menggunakan data dari TripAdvisor tentang pulau yang paling sering dicari di wilayah tersebut dan pakar setempat.

Biaya-biaya tersebut dikumpulkan melalui berbagai metode penelitian seperti yang dijelaskan di bawah ini. Harga-harga tersebut dikumpulkan dengan mata uang lokal antara bulan September dan Oktober 2013 dan dikonversikan ke Dollar Singapura tanggal 3 Oktober 2013 dari www.xe.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro