Show

Ini Penyebab Komik Indonesia Tidak Laku

Miftahul Khoer
Miftahul Khoer
Jumat, 8 November 2013 - 23:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Komik lokal di Indonesia secara garis besar tidak laku di pasaran. Beberapa penerbit komik banyak yang gulung tikar. Padahal era 1970-an, komik menjadi bacaan wajib bagi sebagian remaja dan warga Indonesia. Apa penyebab mundurnya komik lokal Indonesia?

"Salah satu alasan kenapa komik Indonesia tidak diminati lagi lantaran maraknya komik Jepang yang masuk," papar Pendiri gerai komik Pluz+ Andy Wiyaja seusai peluncuran komik berbahasa Inggris pertama berjudul the Pandawa Story, Jumat (8/11/2013).

Menurutnya, strategi yang harus dilakukan antara lain adalah mencetak kembali komik-komik dan mengenalkannya kepada generasi muda. Selain itu, ungkap Andy, pihaknya tengah gencar mengumpulkan komik populer yang laku pada zamannya untuk diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Salah satu komik yang diterjemahkan yaitu karya Teguh Santosa berisi beberapa bab. Komik the Pandawa Story tersebut dikumpulkan kembali dari hasil terbitan majalah-majalah zaman dulu.

"Untuk komik the Pandawa Story kami terbitkan dalam versi bahasa Inggris lantaran ceritanya tentang Mahabharata, Barata Yudha dan Pandawa Seda. Dan orang asing banyak yang mengenal cerita tersebut," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami