Fashion

Penelitian: Kandungan Zat pada Buah & Sayuran Sehatkan Usus

News Editor
Selasa, 12 November 2013 - 11:21
Bagikan

Bisnis.com, WELLINGTON - Sudah lama dikatakan mengkonsumsi satu apel sehari menjauhkan orang dari dokter, tapi beberapa ilmuwan Selandia Baru mengatakan mereka telah mengidentifikasi secara pasti bahan apa pada buah dan sayuran yang sangat sehat.

Penelitian dari lembaga Penelitian Tanaman & Pangan Pemerintah Selandia Baru menyatakan kandungan zat pada buah dan sayuran mendukung mikroorganisme yang bermanfaat secara alamiah di usus dan membantu  mencerna makanan serta menjaga keseimbangan tubuh manusia.

Polyphenols - yang secara alamiah diproduksi pada tanaman dan termasuk kandungan yang memberi warna pada buah dan sayuran - adalah salah satu dari sedikit kelas kandungan yang mencapai usus tanpa dicerna.

Para peneliti telah memperlihatkan bahwa kandungan itu terurai di usus untuk menghasilkan molekul yang memiliki dampak positif pada mikroorganisme yang secara alamiah terdapat pada sistem pencernaan yang diketahui mendukung sistem pencernaan dan kekebalan.

"Serat makanan dan polyphenols sampai di usus sehingga dapat memiliki dampak pada biotamikro usus," kata pemimpin penelitian tersebut, Dr. Shanthi Parkar di dalam satu pernyataan.

"Penelitian kami telah memperlihatkan polyphenols yang terdapat pada buah dan sayuran diurai oleh bakteri di usus. Studi kami di laboratorium telah memperlihatkan produk yang lebih sederhana ini mempengaruhi mikroorganisme pada sistem pencernaan untuk mendukung kesehatan optimal usus."

Menurut Parkar, studi itu memperlihatkan bahwa ada kemungkinan untuk mengekstrak polyphenols tanaman dan memanfaatkannya sebagai bahan pada makanan fungsional yang meningkatkan kesehatan usus. (antara/xinhua/oana/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro