Ilustrasi/jibiphoto
Fashion

Alzheimer Jadi Momok Menakutkan di Amerika Serikat

Nenden Sekar Arum
Jumat, 7 Maret 2014 - 02:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit alzheimer (pikun) saat ini menjadi penyebab utama kematian keenam di Amerika Serikat.

Surat kematian seringkali tidak mencantumkan kepikunan sebagai salah satu penyebab kematian. Sementara itu, penyebab langsung seperti radang paru-paru masuk dalam daftar dan menutupi kematian yang berhubungan dengan alzheimer.

Bryan D. James, Peneliti Rush University Medical Center di Chicago dalam riset yang diterbitkan pada jurnal Neurology, menjelaskan risetnya memantau sebanyak 2.566 orang yang berusia 65 tahun ke atas yang menjalani tes kepikunan.

Setelah sekitar delapan tahun, 1.090 orang meninggal dunia, dan 559 peserta yang tidak memiliki kepikunan di awal penelitian mengidap penyakit alzheimer.

Tingkat kematian partisipan tersebut empat kali lebih tinggi setelah diagnosis alzheimer pada orang yang berusia antara 75 hingga 84 tahun, dan hampir tiga kali lebih tinggi pada orang yang berusia di atas 85 tahun.

Riset mengatakan hal tersebut sama dengan sekitar 503.400 kematian akibat alzheimer di Amerika di atas usia 75 tahun pada 2010. Angka tersebut enam kali lebih besar dari 83.494 kematian karena alzheimer.

Saat ini, alzheimer menjadi penyebab utama kematian keenam di AS, sementara nomor satu dan dua ditempati oleh penyakit jantung dan kanker dengan jumlah kematian sebanyak 597.689 dan 574.743.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Yusran Yunus
Sumber : TIME.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro