Fashion

Mengenal Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Deliana Pradhita Sari
Sabtu, 15 Maret 2014 - 21:23
Bagikan

Inilah Tanda atau Gejala Terserang Dehidrasi

Tanda atau gejala orang dehidrasi, lanjutnya adalah jika dehidrasi tahap 1, individu akan mengalami rasa haus yang kuat dan kehilangan cita rasa makan.

Pada dehidrasi tahap 2, individu akan mengalami mulut kering, pengeluaran urin berkurang, sulit bekerja dan konsentrasi, kulit merasa panas dan mudah mengantuk.

Dehidrasi tahap 3, imbuhnya, ditandai dengan peningkatan suhu tubuh, peningkatan denyut jantung, sesak nafas, bicara tidak lancar, otot lemah dan bibir membiru.

Adapun dehidrasi tahap 4, penderita akan mengalami halusinasi, lidah bengkak, gagal ginjal dan menurunnya volume dan tekanan darah.

Dokter Spesialis Olahraga Rachmad Wisnu Hidayat mengatakan pada kegiatan sehari-hari yang diimbangi dengan latihan fisik maka akan ada peningkatan cairan tubuh melalui keringat dan pernafasan.

Pernafasan yang lebih cepat akan meningkatkan jumlah uap air yang keluar bersama udara pernafasan tersebut.

"Untuk mengindari terjadinya dehidrasi, tubuh akan secara otomatis mengatur keseimbangan cairan dengan cara menurunkan produksi urin dan menimbulkan rangsangan haus. Tanpa adanya tambahan asupan cairan dari luar, maka tubuh akan kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi," jelasnya.

 

Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro