Dia justru lebih sering berimprovisasi dan mengembangkan alur cerita ketika tengah berada di panggung. /bisnis.com
Entertainment

Agus Nur Amal (PT Toh): Dari Gudang Hingga Pinjam

Inda Marlina
Minggu, 20 April 2014 - 12:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Agus mempersiapkan seluruh peralatan pertunjukan sendiri. Dia mengatakan tak jarang peralatan-peralatan tersebut ditemukan di gudang belakang gedung pertunjukan atau pinjam dari rumah tetangga.

Salah satu pengalamannya ketika dia mendongeng di Boston, Amerika Serikat. Saat itu, karena dia tidak membawa peralatan yang memadahi maka dia meminjam peralatan rumah tangga tetangga, sebelah tempatnya menginap untuk membantu pertunjukan di atas panggung.

Ketika mendongeng di luar negeri, Agus harus bersiap-siap menerangkan cerita-ceritanya karena perbedaan budaya dan hal yang kurang akrab di negara tertentu. Contohnya, ketika 2 tahun silam dia mendongeng di Berlin. Anak-anak yang mendengarkan dongeng dari Agus menanyakan kenapa kantong kresek berwarna hitam dapat keluar dari kendaraan.

“Anak-anak di Berlin tidak memiliki bayangan tentang asap knalpot dari kendaraan, jadi mereka bingung,” katanya sembari mengumbar  tertawa.

Karena fleksibilitas dalam menggunakan peralatan, dia justru lebih sering berimprovisasi dan mengembangkan alur cerita ketika tengah berada di panggung. Meski demikian, sebelumnya Agus setiap hari tetap berlatih dan menciptakan konsep-konsep baru.

Materi-materi mendongeng Agus dari berbagai macam bacaan dan melihat melalui media televisi atau internet. Tidak tanggung-tanggung penggemar buku biografi Anthony Kiedis, pentolan band rock Red Hot Chili Peppers ini pun juga membeli buku-buku SD, cerita-cerita bergambar setingkat untuk TK, hingga buku-buku yang dia beli di luar negeri. “Kalau beli buku di luar negeri, tergantung bagasinya, muat atau nggak,” ujarnya.

 

Nama

Agus Nur Amal

Tempat Tanggal Lahir

Sabang, 17 Agustus 1969

Pendidikan

 D3 Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta (1988-1990)

S1 Teater Institut kesenian Jakarta (2009-2010)

Pengalaman

Pendongeng di berbagai acara dan negara, narasumber workshop dan seminar

Peneliti dan narasumber di International Storytelling Festival, Thailand

Narasumber di Theater Object, Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inda Marlina
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro