MUseum seni rupa. Ajang JMDF 2014 menggelar 45 Museum Sekaligus/Bisnis
Show

Ingin Jelajahi 45 Museum Sekaligus? Datanglah ke JMDF 2014

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 4 Juni 2014 - 13:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Suka pelesir sejarah? Acara Jakarta Museum Day Festival (JMDF) 2014 digelar pada Sabtu (7/6/2014) di Taman Fatahillah bisa jadi jawabannya. Anda dapat menjelajahi 45 museum sekaligus.

Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Ida Zubaidi mengatakan Jakarta memiliki kekayaan benda peninggalan sejarah sehingga dia memanfaatkan momen ini untuk memeperkenalkan museum di DKI. Paling tidak terdapat 45 museum yang turut serta dalam acara ini dari 60 museum.

"Jakarta sangat kaya akan peninggalan sejarahnya. Jumlah [museum]nya sekitar 60 museum tetapi yang berpartisipasi sebanyak 45 yang akan ikut berpameran di Taman Fatahillah," ujarnya di Balai Kota, Rabu (4/6/2014).

Acara yang digelar sejak 2010 itu dihelat sebagai upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta dalam mempromosikan museum. Melalui acara ini, diharapkan masyarakat lebih menyadari posisi museum yang selama ini luput dari perhatian sebagai wahana edukasi dan wisata.

"Karena Disparbud punya tugas untuk mempromosikan museum sebagai destinasi wisata. [Ini] momen yang tepat untuk mengedukasi anak-anak, remaja dan orangtua karena banyak warga Jakarta yang belum mengetahui kalau Jakarta punya banyak museum," tuturnya.

Gelaran JMDF 2014 dimeriahkan dengan lomba jelajah museum yang dapat menguji pengetahuan anda tentang Sejarah. Caranya, anda harus menjawab pertanyaan di setiap stan museum. Anda diminta untuk berkelompok dan menjawab pertanyaan demi pertanyaan dengan cepat serta tepat.

"Yang lebih seru lomba jelajah museum. Nanti [peserta] berkelompok menelusuri 45 stan untuk jawab pertanyaan. Yang dinilai kecepatan dan ketepatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro