Ilustrasi
Fashion

DEMAM BERDARAH: Begini Cara Penaburan Abate yang Benar

Rachmad Subiyanto
Jumat, 8 Agustus 2014 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Larvasida atau lebih dikenal dengan nama abate menjadi benda yang akrab ketika terjadi peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD).

Namun, tidak semua orang mengetahui cara penggunaan larvasida agar efektif membunuh jentik nyamuk pada tempat penampungan air.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani mengatakan penggunaan larvasida yang tepat yakni dengan menaburkannya langsung pada tempat penampungan air.

“Bukan dengan membungkusnya dan menggantungkannya di keran air karena zat aktif larvasida tidak menempel di dinding penampungan air,” ujarnya disela-sela pencanangan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk (Gertak PSN), Jumat (8/8/2014).

Penaburan larvasida juga tidak langsung dilakukan di tengah tempat penampungan tetapi di sekelilingnya agar zat aktif larvasida bisa menempel di dinding penampungan air.

Volume air juga harus dihitung sebelum menaburkan larvasida yakni tiap 10 gram untuk 100 liter air. Penaburan larvasida dilakukan tiap tiga bulan sekali dan apabila sebelum tiga bulan tempat penampungan air dikuras, maka larvasida harus ditaburkan ulang.

Dyah mewanti-wanti agar larvasida tidak ditaburkan di tempat penampungan air minum. Khusus untuk tempat penampungan air minum, masyarakat wajib menggunakan penutup agar tidak dijadikan tempat bertelur nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro