Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DEMAM BERDARAH: Begini Cara Penaburan Abate yang Benar

-Larvasida atau lebih dikenal dengan nama abate menjadi benda yang akrab ketika terjadi peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD).
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 08 Agustus 2014  |  12:18 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Larvasida atau lebih dikenal dengan nama abate menjadi benda yang akrab ketika terjadi peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD).

Namun, tidak semua orang mengetahui cara penggunaan larvasida agar efektif membunuh jentik nyamuk pada tempat penampungan air.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani mengatakan penggunaan larvasida yang tepat yakni dengan menaburkannya langsung pada tempat penampungan air.

“Bukan dengan membungkusnya dan menggantungkannya di keran air karena zat aktif larvasida tidak menempel di dinding penampungan air,” ujarnya disela-sela pencanangan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk (Gertak PSN), Jumat (8/8/2014).

Penaburan larvasida juga tidak langsung dilakukan di tengah tempat penampungan tetapi di sekelilingnya agar zat aktif larvasida bisa menempel di dinding penampungan air.

Volume air juga harus dihitung sebelum menaburkan larvasida yakni tiap 10 gram untuk 100 liter air. Penaburan larvasida dilakukan tiap tiga bulan sekali dan apabila sebelum tiga bulan tempat penampungan air dikuras, maka larvasida harus ditaburkan ulang.

Dyah mewanti-wanti agar larvasida tidak ditaburkan di tempat penampungan air minum. Khusus untuk tempat penampungan air minum, masyarakat wajib menggunakan penutup agar tidak dijadikan tempat bertelur nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

demam berdarah
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top